Senin, 08 Maret 2010

Mudah Update Driver Dengan Device Doctor

device-doctor-logoDevice Doctor merupakan sebuah freeware yang akan membantu anda untuk menemukan driver dari device perangkat keras (hardware) yang ada di komputer anda.

Dengan bantuan Device Doctor, anda tidak perlu bersusah payah mencari jenis atau type dari suatau hardware lalu mencari driverya di internet dan mendownloadnya. Untuk melakukan update drivers, anda cukup menjalankan software ini lalu lakukan scanning, Device Doctor akan memberikan laporan kepada anda driver mana saja yang perlu atau telah tersedia update-annya.

Update driver memang kadang bukan suatu hal yang sangat diperlukan, apalagi jika kondisi komputer (hardware/software) sudah berjalan dengan optimal, tidak ada masalah didalamnya. Tetapi meskipun demikian, untuk sebagian hardware, senantiasa di rekomandasikan dengan driver terbaru.

Sebagian besar dari pengguna komputer yang awam, tentu akan merasa kesulitan mencari sumber update dari suatu driver, tidak hanya itu, banyak orang merasa sulit untuk mengetahui hardware apa saja dan type apa yang ada di dalam komputernya terlebi laptopnya. Hal tersbut akan teratasi dengan bantuan Device Doctor.

Dengan interface yang mudah dipahami, pengguna awampun akan merasa gampang untuk melakukan update driver. Dengan meng klik Begin Scan, maka program ini akan melakukan scan semua hardware yang ada di komputer anda, untuk selanjutnya terkoneksi ke internet untuk mengecek apakah ada driver terbaru dari hardware yang ada.

Penggunaan software ini idealnya memerlukan koneksi internet untuk melakukan sinkronisasi ke server untuk mengecek database lalu memutuskan apakah sudah ada update driver dari suatu hardware. Namun, Device Doctor juga dapat anda dunakan secara offline karena inilah salah satu kelebihannya.

Cara penggunaan Device Doctor secara offline
Setelah anda selesai melakukan installasi Device Doctor, jalankan aplikasi tersebut dan klik Begin Scan, selanjutnya akan muncul informasi bahwa koneksi internet di komputer anda tidak tersedia, maka akan disediakan fitur untuk menyimpan hasil scanningnya dalam file HTML. Klik yes, untuk menyimpan hasil scanning.

Buka file dari hasil scanning Device Doctor tadi di komputer yang terkoneksi dengan internet misal di kantor atau warnet dan anda akan melihat tampilan seperti pada gambar di bawah ini:

device doctor offline use

Klik Retrieve my drivers dan anda akan mendapatkan informasi driver apa saja yang telah tersedia update-annya serta ukuran dari driver tersebut dan link untuk mendownloadnya.

Penggunaan Device Doctor secara online
Untuk komputer yang terkoneksi dengan internet, penggunaan Device Doctor akan lebih mudah, anda cukup mengklik Begin scan. Setelah Device Doctor selesai melakukan sinkronisasi dengan database server yang telah memiliki daftar driver sebanyak 13 juta, anda akan mendapatkan informasi driver mana saja yang sudah tersedia update dan button untuk men-update-nya.

Software ini dapat anda gunaksan secara gratis (free software). Selain itu program ini juga dapat mengidentifikasi driver yang belum di kenal (unidentified devices) yang tampil di Device Manager. Program ini kompetibel dengan windows XP, windows Vista dan Windows 7 (64-bit or 32-bit), dengan minimal space hardisk 10 MB. Selain versi installer, tersedia juga versi Portable.

Download Device Doctor Installer ( 4.6 MB)
Download Device Doctor Portable ( 5.10 MB)

Artikel Mudah Update Driver Dengan Device Doctor ini pertama kali ditulis oleh Drajat A Ghozali di blog Astaga.com lifestyle on the net. Artikel ini bebas untuk didistribusikan ulang untuk kepentingan non komersial selama mencantumkan nama penulis dan sumber artikel serta tidak mengubah isi.