Kamis, 17 Juni 2010

KLASIFIKASI ALAT BERAT BERDASARKAN FUNGSINYA

















KLASIFIKASI ALAT BERAT BERDASARKAN FUNGSINYA
A. Alat Pengolah Lahan
a) Bulldozer
Bulldozer sangat baik untuk pengolahan lahan pemindahan tanah jarak dekat dan efektif sekali untuk houling distance sampai maksimum 100 meter. Bulldozer dapat juga digunakan sebagai memotong dan mendorong tanah sekaligus ke depan.
Bulldozer sangat penting kegunaannya terutama untuk :
- Membersihkan medan dari tanggul kayu dan batuan yang tidak terpakai.
- Memindah dan menghampar tanah isian (fiels)
- Pemelihara jalan kerja
- Menyiapkan bahan dari soil borrow pit dan quarry pit/tempat pengambilan bahan.
- Penghamparan tanah timbunan pada badan jalan sekaligus berfungsi memadatkan tanah tersebut.
Pada dasarnya bulldozer adalah alat yang menggunakan traktor sebagai penggerak utamanya, yang dilengkapi dengan dozer yang memungkinkan untuk diberi kemampuan mendorong kemuka, sedang angli dozer selain mendorong ke samping sampai membuat sudut 25 derajat terhadap kedudukan lurus.
Menurut Track shoe-nya, Bulldozer dibedakan sebagai berikut :
- Crawler tractor dozer (dengan roda kelabang)
- Wheel tractor dozer (dengan roda ban)
- Swamp bulldozer (untuk daerah rawa)
Berdasarkan penggerak bladenya, bulldozer dibedakan sebagai berikut :
- cabel controlade (kendali kabel) alat ini sudah tidak sering dipergunakan lagi.
- Hydrolic Controlade (kendali hidrolik) semua penggerak menggunakan tekanan minyak hodroli.
Macam-macam Blade Bulldozer :
- Universal Blade (U-Blade)
Digunakan untuk penyediaan bahan dan teklamasi tanah.
- Angling Blade (A-Blade)
Adalah paling cocok untuk segala jenis lapangan dan merupakan modifikasi dari U-Blade, manufer lebih mudah dan dapat menghandle material dengan mudah misalnya :
- Pembuangan ke samping (side casting)
- Pembukaan jalan (Poneering road)
- Menggali saluran (cating ditches)
- Cushion Blade (C-Blade)
Dilengkapi bantalan karet untuk meredam tumbukan. Bulldozer ini untuk membawa dan mendorong material yang bladenya sangat efisian karena dapat menghindari kehilangan material sedikit mungkin.
- Universal Blade (U-Blade for Light material)
Digunakan untuk antara lain :
- Stock file dari tanah lepas/gembur
- Reklamasi/Penggunugan dengan tanah lepas/lembur
Perbandingan antara dozer crawler tractor dengan dozer wheel tractor. Tiap tipe dari Bulldozer mempunyai kelebihan tersendiri tergantung dari kondisi lapangan. Bulldozer merupakan alat yang sangat dominant diperlukan dengan dua fingsi sekaligus yaitu penghamparan dan pemadatan tanah.
b) Motor Greader
Modern grader in use by the U.S. military.
1918 grader.
CAT 143h plowing snow in Ouray, Colorado.
Greader, juga biasanya dikenal sebagai suatu mesin sortir/penilai jalan, suatu mata pisau, suatu memelihara atau suatu mesin sortir/penilai motor, adalah suatu sarana (angkut) rancang-bangun dengan suatu mata pisau besar yang digunakan untuk menciptakan suatu permukaan datar. Model khas mempunyai tiga poros sumbu, dengan taxi dan mesin/motor meletakkan di atas poros belakang sependapat akhir [menyangkut] sarana (angkut) dan sepertiga poros sumbu pusat perhatian/paling depan akhir [menyangkut] sarana (angkut), dengan mata pisau di tengahnya.
Di (dalam) tehnik sipil, tujuan mesin sortir/penilai untuk ” menyelesaikan nilai/kelas” ( menyuling, menetapkan dengan tepat) ” penilaian yang keras/kasar/kejam” yang dilakukan oleh alat berat atau sarana (angkut) rancang-bangun seperti traktor dan pengikis.
Mesin sortir/penilai dapat menghasilkan permukaan dan permukaan ditundukkan dengan panampang-lintang cambered untuk jalan. Dalam beberapa negara-negara [yang] mereka *apakah digunakan untuk menghasilkan parit saluran air dengan panampang-lintang [yang] V-Shaped [dangkal/picik] sebelah menyebelah jalan raya.
Mesin sortir/penilai *apakah biasanya digunakan di (dalam) pemeliharaan dan konstruksi jalan kerikil dan jalan kotoran. Di (dalam) konstruksi [dari;ttg] jalan diaspal [yang] mereka *apakah digunakan untuk siap[kan kursus dasar untuk menciptakan suatu permukaan datar lebar/luas untuk aspal untuk ditempatkan terpasang. Mesin sortir/penilai adalah juga digunakan untuk menetapkan yayasan/pondasi lahan asli mengisi untuk menyelesaikan nilai/kelas sebelum konstruksi [dari;ttg] bangunan besar.
Dalam beberapa tempat terjadi peristiwa seperti Arah utara Eropa, Canada dan tempat di (dalam) Amerika Serikat, mesin sortir/penilai adalah sering digunakan di (dalam) kotapraja dan pengemasan-salju kediaman. Di (dalam) scrubland dan padang rumput area Australia Austria dan Afrika, mesin sortir/penilai adalah sering suatu potongan peralatan [yang] penting pada [atas] peternakan, perkebunan dan kebun besar untuk membuat jalur lomba bertabur arang [di mana/jika] ketidakhadiran batu karang dan pohon [alat/ makna] traktor tidaklah*janganlah diperlukan. Suatu inovasi terakhir adalah kelengkapan mesin sortir/penilai dengan GPS teknologi, seperti dihasilkan oleh Topcon Memposisikan Sistem, Inc., Trimble Ilmu pelayaran, atau Mikrofyn [ www.mikrofyn.com] untuk/karena nilai/kelas [yang] tepat mengendalikan dan ( berpotensi) ” tanpa pancang” konstruksi.
Kapasitas terbentang dari suatu mata pisau lebar 2.50 [bagi/kepada] 7.30 m dan mesin/motor dari 93–373 kW ( 125–500 hp).
Pendidikan
Nasional Asosiasi Alat berat Pelatihan Sekolah ( NAHETS), yang dibentuk/mapan 2002, mesin sortir/penilai pelatihan sekolah dan kurikulum penggunaan sebagai metoda untuk menguji dan melatih para pemakai di (dalam) kemampuan mesin sortir/penilai penggunaan.

c) Wheel tractor-scraper

Military Scraper
A Caterpillar towed scraper parked up
Di (dalam) tehnik sipil, suatu roda/kemudi tractor-scraper adalah suatu potongan alat berat menggunakan untuk earthmoving. pantat [Part;Bagian] mempunyai suatu corong tuang [yang] bisa pindah;gerakkan ( juga mengenal sebagai mangkuk/pasu) dengan suatu medan [yang] horisontal tajam/jelas membingkai. Corong tuang dapat hydraulically diturunkan dan diangkat. Ketika corong tuang diturunkan, tepi medan menyela tanah liat atau lahan seperti suatu alat pengiris keju dan mengisi corong tuang [itu]. Ketika corong tuang penuh ( 8 [bagi/kepada] 34 m³ ( 10 [bagi/kepada] 45 yd³) ditumpuk, tergantung pada jenis) [itu] diangkat, dan setuju/ berhadapan muka suatu mata pisau vertikal ( yang dikenal sebagai celemek). Pengikis dapat mengangkut beban nya kepada [kerikil isian] area [di mana/jika] mata pisau diangkat, panel punggung [menyangkut] corong tuang, atau ejector, *apakah hydraulically didorong maju dan tanah liat beban atau lahan terguling ke luar. Kemudian pengikis yang kosong kembali ke lokasi yang memotong dan mengulangi siklus [itu].
Pengikis dapat [yang] sangat efisien pada [atas] hasil tangkapan pendek/singkat [di mana/jika] yang memotong dan [kerikil isian] area adalah dekat bersama-sama dan mempunyai panjangnya cukup untuk mengisi corong tuang [itu]. jenis pengikis Yang lebih berat mempunyai dua mesin/motor (‘ bertenaga mesin tandem’), orang mengemudi roda/kemudi medan, orang mengemudi roda belakang, dengan mesin/motor yang atas [bagi/kepada] 400 kW ( 550 daya kuda).
Diri mendorong pengikis *apakah ditemukan oleh R. G. Letourneau di (dalam) 1930s.[1]
Dua pengikis dapat bekerja sama di (dalam) suatu push-pull pertunjukan tetapi ini memerlukan suatu merindukan area memotong
B. Alat Penggali
a) Excavator
Exavator adalah peralatan serba guna, dapat digunakan untuk pemindah, memuat dan menggali serta memotong tanah. Tugas utama dari excavator adalah untuk menggali (excavation).
Kegunaan excavator pada pekerjaan peningkatan jalan ini adalah :
- Memuat batuan ke dalam dump truck dari penambangan (quarry).
- Memuat drainase pada kiri kanan jalan.
- Membongkar gundukan tanah bukit yang akan dibuat jalan.
- Membantu memuat tanah ke dalam mobil.
Excavator yang dipakai pada proyek ini adalah jenis Backhoe. Pada excavator dapat dipasang alat-alat perlengkapan lain seperti :
- Dragline
- Clamshell
- Backhoe, Crane, Face shovel
Sedang jenis excavator menurut track shoenya dibedakan :
- excavator dengan roda ban
- excavator dengan roda kelabang
Dalam operasionalnya peralatan ini terdiri empat bagian :
- Mengisi bucket (land bucket)
- Mengayun (swing loaded)
- Membongkar beban (dump bucket)
- Mengayun balik (swing empty)
Keempat gerakan tersebut akan menentukan waktu siklus.
Excavator adalah suatu sarana (angkut) rancang-bangun terdiri dari suatu lengan tangan dilafalkan ( mengaum, mecucuk/lekat/julurkan), taxi dan ember menjulang pada [atas] suatu poros ( suatu platform yang berputar, [seperti;suka] suatu Susan Malas) ke puncak suatu bagian bawah(plane) dengan roda/kemudi atau taksiran. Disain mereka adalah suatu kemajuan alami dari mesin keruk [itu].
Pemakaian

Penggali [yang] merobohkan suatu rumah. Catat[lah ibu jari yang hidrolik Penggali *apakah digunakan di (dalam) banyak orang jalan:
• Menggali parit, lubang, dasar• Material [yang] menangani• Sikat yang memotong dengan pemasangan hidrolik• Perobohan• Grading/Landscaping umum• berat/lebat Angkat, e.g. mengangkat[lah dan penempatan pipa• Pekerjaan tambang, terutama, tetapi tidak hanya open-pit [yang] menambang• Sungai [yang] mengeruk• Mengemudi bawasir, bersama dengan suatu Mesin lantak/pemancang beton Meskipun [demikian] banyak perusahaan menghasilkan penggali Hidrolik hari ini. Komatsu adalah produsen puncak [dari;ttg] penggali Hidrolik Dunia [yang] lebar/luas, untuk/karena semuanya model kompetitif ada tiga Komatsu Penggali Bentuk wujud Penggali masuk suatu ukuran yang luas . Beberapa yang lebih kecil *apakah [disebut/dipanggil] suatu mini-excavator atau penggali ringkas. Satu model pabrik paling besar menimbang 84,980 kg ( 187,360 lb) dan mempunyai suatu ukuran ember maksimum 4.5 m³ ( 5.9 yd³). mini-excavator pabrik paling kecil Yang sama menimbang 1470 kg ( 3240 lb), mempunyai suatu ukuran ember maksimum 0.036 m³ ( 0.048 yd³) dan lebar tentang taksiran nya dapat disesuaikan untuk 89 cm ( 35 inci). [Perusahaan/ rombongan] lain membuat suatu penggali mini yang akan cocok melalui suatu pintu masuk/keluar dengan taksiran yang dapat disesuaikan ke hanya 70 cm ( 28 inci) lebar/luas.
Penggali Pemasangan Di tahun terakhir, kemampuan penggali hidrolik sudah*sudahkah memperluas jauh di luar tugas penggalian dengan ember. Dengan kedatangan [dari;ttg] pemasangan bertenaga mesin hidrolik seperti suatu perusak/interuptor, suatu bergulat atau suatu gurdi tangan, penggali sering digunakan di (dalam) banyak orang aplikasi selain dari penggalian. Banyak penggali menonjolkan quick-attach yang memasang sistem untuk pemasangan [yang] disederhanakan [yang] memasang, secara dramatis meningkat(kan) pemanfaatan mesin pada [atas] jobsite [itu]. Penggali *apakah pada umumnya dipekerjakan bersama-sama dengan traktor dan pemuat. versi [yang] paling Wheeled, dan penggali lebih kecil, ringkas mempunyai suatu backfill kecil ( atau dozer-) mata pisau. Ini adalah suatu mata pisau [yang] seperti traktor horisontal berkait dengan yang bagian bawah(plane) dan digunakan untuk mendorong material dipindahkan kembali ke suatu lubang. Sebelum 1990s, semua penggali mempunyai suatu cara bergantung (di) atas, atau ” konvensional” serangan balasan yang menggantung batal/mulai pantat [menyangkut] mesin untuk menyediakan lebih menggali kekuatan dan kapasitas pengangkatan. Ini menjadi suatu gangguan di (dalam) area putaran ketat- mesin tidak bisa mengayun yang kedua separuh tentang siklus nya dalam kaitan dengan radius putaran terbatas. [Yang] pada awal 1990s Komatsu Biro-Insinyur meluncurkan suatu garis penggali konsep baru yang menghapuskan ” yang konvensional” serangan balasan disain, dan demikian yang dimulai membangun ekor [yang] ketat pertama dunia mengayun penggali ( PC128.PC138,PC228,PC308). Mesin ini kini secara luas digunakan meskipun [demikian] ke luar dunia [itu].

An excavator with sheep’s foot compactor attachment
Excavator with a hydraulic thumb attachment
Another pincer-like attachment
And excavator with a hammer attachment in a rock quarry
Excavator adalah juga [disebut/dipanggil] penggali dan 360-degree penggali, kadang-kadang menyingkat hanya [bagi/kepada] suatu 360. Penggali Tracked *apakah kadang-kadang [disebut/dipanggil] trackhoes oleh analogi kepada backhoe [itu]. Sungguhpun ‘ punggung’ di (dalam) backhoe mengacu pada tindakan [menyangkut] ember ( yang menarik ” punggung” ke arah mesin) dan bukan penempatan [menyangkut] sekop, penggali adalah juga adakalanya dikenal sebagai fronthoes atau bahkan adil ” mencangkul”.
Di (dalam) Jepang, alias Yumbo(??? Yunbo?) jadilah lebih populer dibanding mengenai asosiasi nama. Perancis [Perusahaan/ rombongan] SICAM memproduksi penggali dan memperagakan Yumbo S25 setelah hak paten memperoleh dari Italia di (dalam) 1954. SICAM teknologi diizinkan [bagi/kepada] banyak negara-negara, seperti Drott di (dalam) Amerika Serikat, Priestman di (dalam) UK, Mitsubishi di (dalam) Jepang dan lain negara-negara dari awal 1960s.[1] Penggali pertama dari Mitsubishi *apakah dinamai Yumbo Y35 di (dalam) mengarahkan internasional menjual di (dalam) 1961. Yumbo tengah menjadi nama populer dan tidak facto standard antar Jepang melalui/sampai Golongkan iklan, [yang] tidak penamaan formal meskipun [demikian].
Pendidikan [Adalah] Nasional Asosiasi Alat berat Pelatihan Sekolah ( NAHETS), yang dibentuk/mapan 2002, kurikulum dan sekolah pelatihan penggali penggunaan sebagai metoda untuk menguji dan melatih para pemakai di (dalam) kemampuan penggunaan penggali.
Penggalian teknologi Mars Penjelajah
NASA’S Phoenix Mars Lander’S panel matahari dan lander’s Lengan tangan Robotic dengan suatu contoh di (dalam) sekop ( Juni 10, 2008)
Phoenix Kendaraan angkasa mempunyai suatu lengan tangan penggalian robotic, mengawasi dengan suatu diatas kapal sistem komputer dan/atau oleh pusat perintah yang terestrial, dilengkapi dengan suatu ember, latihan, kamera dan sensor khusus. Oleh karena kondisi-kondisi Mars [yang] climatic yang ekstrim ada beberapa permasalahan yang kegagalan pemakaian dengan Milik phoenix ” penggali”.
John Deere excavator 330C.
Mini digger by Kubota
Caterpillar excavator.
Older American 35A in Borrow pit
Brand new excavator in Brittany (France).
Link-Belt 210X2 excavator
b) Backhoe
Suatu backhoe, juga disebut seorang aktor pantat atau aktor punggung, adalah suatu potongan peralatan penggalian terdiri dari suatu ember yang menggali pada ujung suatu two-part melafalkan lengan tangan. Mereka *apakah secara khas menjulang pada punggung suatu traktor atau pemuat medan. Bagian [menyangkut] lengan tangan terdekat ke sarana (angkut) dikenal sebagai kenaikan harga tiba-tiba, dan yang bagian membawa ember dikenal sebagai dipper atau dipperstick. Kenaikan harga tiba-tiba terikat kasih sayang dengan sarana (angkut) melalui suatu poros mengenal sebagai kingpost, yang mengijinkan lengan tangan untuk yang membunuh ditinggalkan dan [hak/ kebenaran], [yang] pada umumnya melalui suatu total di sekitar 200 derajat tingkat. modern Backhoes adalah bertenaga mesin oleh ilmu hidrolik.
Kebanyakan backhoes ada di [yang] paling kuat mereka mengeriting ember, dengan dipperstick yang berikutnya [yang] paling kuat, dan mengaum pergerakan [adalah] paling sedikit kuat.
Pemasangan serupa untuk meluncur pemuat masih [disebut/dipanggil] backhoes sungguhpun mereka *apakah menjulang pada [atas] medan [itu]. Ini adalah sebab nama mengacu pada tindakan [menyangkut] sekop, [yang] bukan penempatan nya pada [atas] sarana (angkut): suatu backhoe penginapan [oleh/dengan] gambar bumi memutar kembali, dibanding/bukannya mengangkat ia/nya dengan suatu pemain depan mengisyaratkan seperti suatu traktor.
Suatu backhoe pemuat adalah suatu sarana (angkut) seperti traktor dengan suatu lengan tangan dan ember menjulang pada [atas] punggung dan suatu pemuat medan menjulang pada [atas] medan [itu]. Sarana (angkut) jenis ini adalah sering mengenal secara berolok-olok sebagai JCB di (dalam) Eropa dan hanya suatu Backhoe atau suatu Traktor Pemuat Backhoe, atau TLB, di (dalam) Amerika Utara. Di (dalam) Amerika Utara Terminologi, suatu Backhoe meliputi kedua-duanya suatu ember medan dan suatu cangkul pantat, pada [atas] suatu chasis [yang] mula-mula memperoleh dari traktor kebun. Suatu cangkul dipersembahkan pada [atas] chasis sendiri jadilah lebih dengan baik dikenal sebagai suatu penggali.
Backhoes dapat dirancang dan dihasilkan dari start sedemikian, atau dapat hasil suatu traktor kebun yang dilengkapi dengan suatu Pemuat Awal dan akhir ( FEL) dan cangkul pantat. Meskipun [demikian] pemandangan serupa, yang dirancang backhoes adalah banyak lebih kuat, dengan variasi kebun yang lebih [yang] pantas untuk [cahaya/ ringan] bekerja.
Dengan kedatangan [dari;ttg] pemasangan bertenaga mesin hidrolik seperti suatu tiltrotator, perusak/interuptor, suatu bergulat atau suatu gurdi tangan, backhoe sering digunakan di (dalam) banyak orang aplikasi selain dari penggalian dan dengan tiltrotator pemasangan, [yang] benar-benar bertindak sebagai suatu pengangkut alat efektif. Banyak backhoes menonjolkan quick-attach yang memasang sistem untuk pemasangan [yang] disederhanakan [yang] memasang, secara dramatis meningkat(kan) pemanfaatan mesin pada [atas] jobsite [itu]. Backhoes *apakah pada umumnya dipekerjakan bersama-sama dengan traktor dan pemuat. Penggali yang menggunakan suatu backhoe *apakah kadang-kadang [disebut/dipanggil] ” trackhoes” dengan orang-orang [siapa] yang tidak [merealisir/sadari] nama adalah dalam kaitan dengan tindakan [menyangkut] ember, [yang] bukan penempatan nya pada [atas] suatu backhoe pemuat.
Backhoes adalah perkakas tujuan umum, dan sedang dipindahkan sampai taraf tertentu oleh berbagai perkakas spesialis seperti penggali dan Pemuat Awal dan akhir yang khusus, [yang] terutama dengan kenaikan [menyangkut] mini-excavator [itu]. Pada [atas] banyak orang jobsites yang pasti telah sebelumnya melihat suatu backhoe menggunakan, suatu skidsteer ( secara berolok-olok sering [memanggil/hubungi] suatu Macan bobcat setelah pencipta dan pabrikan [yang] yang paling terkenal [menyangkut] kategori) dan suatu penggali mini akan digunakan di (dalam) kata penghubung untuk mengisi [itu] backhoes peran. Backhoes keheningan adalah di dalam penggunaan umum , bagaimanapun.
[perusahaan/ rombongan] Yang Britania JCB mengembang;kan [itu] awal cangkul. traktor [yang] Pertama mereka kedua-duanya dilengkapi dengan suatu cangkul dan suatu medan yang menjulang ember pemuatan *apakah diselesaikan di (dalam) 1953 dan menetapkan pola teladan standard untuk masa depan perancangan pemuat cangkul. Oleh karena lama dominasi oleh marque ini di (dalam) Kerajuan Bntania I dan Irlandia, [itu] telah*adakah menjadi suatu merek dagang genericized [di/ke] sana, dan semua penggali backhoe-equipped *apakah biasanya [disebut/dipanggil] JCBS, [selagi/sedang] istilah ” cangkul” *apakah hampir tidak mengenal kalayak ramai [itu]. Pendiri [menyangkut] JCB [perusahaan/ rombongan] [memegang/menjaga] penghormatan menjadi;disebut satu-satunya tidak Amerika di (dalam) konstruksi AS Hall/Aula ketenaran industri.
Backhoe memudar
Backhoe memudar atau JCB memudar adalah suatu istilah lucu yang coined oleh industri telekomunikasi, mengacu pada pemotongan [yang] yang kebetulan suatu kabel/telegram oleh suatu backhoe atau konstruksi serupa activity.[1]
Istilah datang dari hilangnya [yang] pada awalnya tak dapat dijelaskan dan yang mendadak isyarat (” memudar”) yang berpengalaman ketika suatu kabel/telegram secara kebetulan kaan dan dirusakkan. Gantung[lah pada kabel/telegram yang tertentu membinasakan, [jasa;layanan] mungkin (adalah) disela untuk hanya beberapa pelanggan atau, untuk/karena suatu serabut [yang] besar kabel/telegram berhubung dengan mata, berjuta-juta pelanggan ke seberang suatu keseluruhan benua.
c) Dragline
Dragline penggali Dari Wikipedia, encyclopedia yang cuma-cuma ( yang mengalihkan jurusan Dari jejeran barang Penggali)
Lompat untuk: ilmu pelayaran, pencarian Dragline penggalian sistem adalah alat berat digunakan di (dalam) tehnik sipil dan permukaan [yang] menambang. Di (dalam) tehnik sipil [adalah] jenis yang lebih kecil *apakah digunakan untuk konstruksi pelabuhan dan jalan. jenis Yang lebih besar *apakah digunakan di (dalam) operasi yang strip-mining untuk pindah;gerakkan permukaan tanah yang dibuang di atas batubara, dan untuk tar-sand [yang] menambang. Draglines adalah di antara peralatan gesit yang paling besar ( [yang] tidak diangkut dengan kapal), dan menimbang sekitar, hampiran 2000 ton metrik, meskipun [demikian] spesimen [yang] menimbang [bagi/kepada] 13,000 ton metrik telah pula dibangun.
Suatu dragline ember sistem terdiri dari suatu ember besar [yang] yang mana [adalah] dipenjarakan dari suatu kenaikan harga tiba-tiba ( suatu struktur seperti mengikat besar) dengan tali kawat. Ember diarahkan atas pertolongan sejumlah tali temali dan rantai. pengungkit Tali, bertenaga mesin oleh motor elektrik atau diesel besar, mendukung ember dan hoist-coupler perakitan dari kenaikan harga tiba-tiba [itu]. Dragrope digunakan untuk seri perakitan ember [yang] secara horisontal. Dengan manuver [yang] mahir [menyangkut] pengungkit dan dragropes ember dikendalikan untuk berbagai operasi. Suatu menurut bagan untuk suatu dragline ember sistem besar ditunjukkan di bawah.
Sejarah [Adalah] dragline *apakah ditemukan di (dalam) 1904 oleh Yohanes W. Halaman Halaman Terikat kontrak Schnable untuk penggunaan menggali Chicago Saluran. Di (dalam) 1912 [itu] menjadi Halaman Biro-Insinyur, dan suatu mekanisme berjalan *apakah dikembangkan beberapa tahun kemudian, menyediakan draglines dengan mobilitas. Halaman juga menemukan dragline ember yang dilengkungkan, suatu disain masih biasanya menggunakan hari ini oleh draglines dari banyak orang lain pabrikan, dan di (dalam) 1960s memelopori suatu disain ember tanpa bangunan lengkung.
Di (dalam) 1910 Bucyrus masuk dragline menjual dengan pembelian pabrikasi [hak/cocok] untuk Heyworth-Newman dragline penggali. Mereka ” Kelas 14″ dragline *apakah diperkenalkan di 1911 [seperti;sebagai;ketika] perayap yang pertama menjulang dragline. Di (dalam) 1912 Bucyrus membantu pelopor [adalah] penggunaan listrik sebagai [kuasa/ tenaga] sumber untuk sekop pengulitan [yang] besar dan draglines yang digunakan di (dalam) menambang.
Di (dalam) 1914 Harnischfeger Korporasi, ( yang dibentuk/mapan seperti PH Menambang di (dalam) 1884 oleh Alonzo Pawl dan Henry Harnischfeger), yang diperkenalkan bensin [yang] pertama dunia dragline engine-powered. Suatu [perusahaan/ rombongan] Italia, Fiorentini, memproduksi dragline penggali dari 1919 diizinkan oleh Bucyrus.
Di (dalam) 1939 Marion Mesin keruk Mengeruk [Perusahaan/ rombongan] ( yang didirikan 1880) yang dibangun [yang] pertama nya berjalan dragline. [Perusahaan/ rombongan] meng/berubah nama nya kepada Marion Menggerakkan Sekop [Perusahaan/ rombongan] di (dalam) 1946 dan *apakah diperoleh oleh Bucyrus di (dalam) 1997. Di (dalam) 1988 Halaman *apakah diperoleh oleh Harnischfeger Co., pembuat [menyangkut] PH garis sekop, draglines, dan keran.
Operasi
Di (dalam) suatu siklus penggalian khas, ember diposisikan di atas material untuk digali. Ember kemudian adalah menurunkan dan dragrope kemudian adalah menggambar/menarik sedemikian sehingga ember diseret sepanjang permukaan [menyangkut] material [itu]. Ember kemudian adalah yang diangkat dengan penggunaan tali pengungkit. Suatu operasi ayunan kemudian adalah melakukan untuk pindah;gerakkan ember kepada tempat di mana [adalah] material (diharapkan) untuk dibuang. Dragrope kemudian adalah yang dilepaskan menyebabkan ember untuk memiringkan dan kosong. Ini adalah [disebut/dipanggil] suatu tempat sampah operasi.
Ember dapat juga jadilah ‘ yang dilemparkan’ [oleh/dengan] memutar kepada layar topang dan kemudian melepaskan suatu menangkap pada [atas] [itu] menyeret kabel/telegram. Ini akan kemudian mengayun ember seperti suatu bandul. Sekali ketika ember yang yang telah [lulus/lewat] yang vertikal, kabel/telegram pengungkit akan dilepaskan [dengan] begitu melemparkan ember [itu]. Pada [atas] lebih kecil draglines, suatu operator trampil bisa membuat daratan ember tentang one-half panjang layar topang lebih lanjut pergi dibanding jika [itu] baru saja yang [diteteskan/terjatuh]. Pada [atas] lebih besar draglines, hanya sedikit meter ekstra mungkin (adalah) dicapai.
Draglines mempunyai urutan memotong berbeda. Yang pertama adalah sisi melempar metoda yang menggunakan bangku offset; ini melibatkan melemparkan permukaan tanah yang dibuang menyamping ke material diledakkan untuk membuat suatu bangku. Yang kedua adalah suatu kunci lewat. Pass ini memotong suatu kunci di jari kaki [menyangkut] highwall yang baru dan juga bergeser bangku lebih lanjut ke arah low-wall [itu]. Ini boleh juga memerlukan suatu cap/penukaran lewat jika dinding adalah blocky. Suatu pass cap/penukaran melibatkan ember yang sedang berlayar menuju ke hilir ke suatu highwall bersudut untuk mengelupas permukaan [itu]. urutan Yang berikutnya adalah operasi yang paling lambat, blok lewat. Bagaimanapun, pass ini pindah;gerakkan kebanyakan dari material [itu]. [Itu] melibatkan menggunakan kunci untuk mengakses ke alas/pantat [menyangkut] material untuk mengangkat ia/nya untuk merusak atau [bagi/kepada] suatu bangku diangkat mengukur. Yang akhir memotong jika diperlukan adalah suatu tarikan kembali, menarik material kembali sebagai kelanjutan low-wall sisi.
Dragline Tambang
Dragline di Curragh Tambang batu bara [Adalah] suatu dragline sistem besar digunakan di (dalam) lubang (galian) kecil industri tambang biaya-biaya yang terbuka [yang] kira-kira US$50-100 juta. Suatu ember khas mempunyai suatu volume berkisar antara 30 [bagi/kepada] 60 meter berbentuk kubus, meskipun [demikian] ember sangat besar sudah*sudahkah bergerak atas [bagi/kepada] 168 metres.[1 berbentuk kubus] Panjang kenaikan harga tiba-tiba terbentang dari 45 [bagi/kepada] 100 meter. Di (dalam) siklus tunggal [itu] dapat bergerak naik ke [bagi/kepada] 450 ton material metrik.
Kebanyakan pekerjaan tambang draglines tidaklah*janganlah diesel-powered seperti kebanyakan lain pekerjaan tambang peralatan. [kuasa/ tenaga] mereka Konsumsi menjadi sangat besar yang mereka mempunyai suatu koneksi langsung kepada tegangan tinggi panggangan pada voltase antar[a] 6.6 [bagi/kepada] 22 kV. Suatu dragline khas, dengan suatu 55 ember meter berbentuk kubus, dapat menghabiskan [bagi/kepada] 6 megawatts selama operasi menggali normal. Oleh karena ini, banyak ( [yang] diragukan kebenarannya) cerita telah cerita tentang efek pekerjaan tambang [yang] yang yang blackout-causing draglines. Sebagai contoh, ada suatu cerita berumur panjang yang, kembali di (dalam) 1970s, jika semua sebanyak tujuh Puncak Perluasan dari bukit yang rendah ( suatu tambang batu bara sangat besar di (dalam) Queensland pusat, Australia Austria) draglines memutar secara serempak, mereka akan memblokir semua dari Queensland Utara.
Dalam semua hanyalah paling kecil draglines, pergerakan terpenuhi oleh ” berjalan” penggunaan ponton atau kaki, [sebagai/ketika/sebab] ulat bulu/traktor taksiran menempatkan terlalu banyak tekanan ditempat itu, dan mempunyai kesukaran besar di bawah berat/beban [yang] yang tak terukur [menyangkut] dragline [itu]. Kecepatan maksimum hanya paling banyak beberapa meter saban minute[2] [karena;sejak] kaki harus diposisikan kembali untuk masing-masing melangkah. Jika bepergian jarak medium, ( sekitar 30-100 km), suatu dragline pengangkut khusus dapat dibawa masuk untuk mengangkut dragline [itu]. Di atas jarak ini, [yang] disassembly biasanya diperlukan. Tetapi menambang draglines dalam kaitan dengan jangkauan mereka dapat bekerja yang area besar dari posisi dan tidak harus secara konstan berjalan terus wajah seperti mesin lebih kecil.
Pembatasan [Adalah] pembatasan [yang] yang utama draglines adalah kenaikan harga tiba-tiba tingginya mereka dan kenaikan harga tiba-tiba panjangnya, yang membatasi [di mana/jika] dragline dapat membuang barang sisa [itu]. pembatasan Utama lain adalah mereka menggali kedalaman, yang mana [adalah] terbatas oleh panjang tali [adalah] dragline dapat menggunakan. Yang tidak bisa dipisahkan dengan konstruksi mereka, suatu dragline adalah material penggalian [yang] paling efisien di bawah tingkatan [dari;ttg] dasar mereka. [Selagi/Sedang] suatu dragline dapat menggali di atas [dirinya] sendiri, [itu] mengerjakan sangat secara tidak efisien dan tidaklah*janganlah pantas untuk [mengisi/memuat] material ditimbun ( seperti suatu sekop tali dapat).
Di samping pembatasan mereka, dan biaya [modal/ibukota] [yang] tinggi mereka, draglines tinggal populer di antara banyak orang tambang/ranjau/aku, dalam kaitan dengan keandalan mereka, dan barang sisa kepindahan sangat rendah berharga.
Contoh
Mekanisme Yang yang berjalan pada [atas] suatu Bucyrus-Erie dipelihara 1150 dragline di (dalam) UK
Penambangan batubara [itu] Dragline mengenal sebagai Muskie Besar, memiliki dengan Ohio Yang pusat Batubara [Perusahaan/ rombongan] ( suatu divisi [dari;ttg] Tenaga listrik Amerika), adalah mesin earth-moving gesit paling besar dunia, dengan berat [yang] hampir 13,000 metric ton dan kedudukan [yang] hampir 22 cerita tall.[2] [Itu] yang dioperasikan di (dalam) Guernsey Daerah/Propinsi, di (dalam) [itu] U.S. status Ohio dari 1969 [bagi/kepada] 1991, dan adalah bertenaga mesin oleh 13,800 volt listrik. [Itu] *apakah bertarung di (dalam) 1999.[3]
Perusahaan Ransom Yang Britania& Pedang tipis dan tajam memproduksi beberapa besar ( 1400-1800 ton) penggali, yang paling besar di (dalam) Eropa pada ketika ( 1960s). [Kuasa/ tenaga] adalah dari mesin pembakaran bag. dalam yang mengemudi pembangkit elektrik. Satu, nama SUNDEW, digunakan di (dalam) suatu penggalian dari 1957 [bagi/kepada] 1974. Setelah masa kerja nya di lokasi yang pertama di (dalam) Rutland selesai [itu] berjalan 13 miles [bagi/kepada] suatu hidup baru pada Corby; cara berjalan mengambil 9 minggu.
Lebih kecil Draglines adalah juga biasanya digunakan [sebelum/di depan] penggali hidrolik datang ke dalam penggunaan umum, yang lebih kecil draglines kini jarang digunakan selain dari pada [atas] lubang (galian) kecil kerikil dan sungai bekerja. mesin Yang kecil [menjadi/dari] suatu mekanik [memandu/ mengemudi/ usir] dengan menangkap. Perusahaan seperti Ruston dan Bucyrus buat model seperti RB10 yang adalah populer untuk pengeringan dan pekerjaan bangunan [yang] kecil bekerja. Beberapa kaleng ini tetap melihat di Bahasa Inggris Tanah rawa yang rendah Cambridgeshire, Lincolnshire dan bagian-bagian dari Norfolk. Ruston’s Adalah suatu [perusahaan/ rombongan] juga berhubungan dengan pengeringan yang memompa mesin/motor. penggerakan elektris Sistem *apakah hanya digunakan pada [atas] pekerjaan tambang mesin yang lebih besar, mesin [yang] paling modern menggunakan suatu pengarah diesel-hydraulic, [sebagai/ketika/sebab] mesin *apakah jarang di (dalam) satu penempatan yang cukup panjang untuk membenarkan biaya ongkos penerapan suatu cabang stasiun dan kabel persediaan.
Kemajuan teknologi Draglines, tidak sama dengan kebanyakan peralatan digunakan di (dalam) yang earth-moving, sudah*sudahkah tinggal secara relatif tanpa perubahan di (dalam) sistem kontrol dan disain untuk hampir 100 tahun. (Di) atas sedikit tahun [yang lalu/ terakhir] , beberapa kemajuan dalam dragline sistem dan metodologi sudah*sudahkah terjadi.
Otomasi Peneliti pada CSIRO di (dalam) Australia Austria mempunyai suatu riset jangka panjang merancang ke dalam mengotomatiskan draglines dan sudah*sudahkah mengangsur 250,000 ton permukaan tanah yang dibuang di bawah kendali komputer.
Simulasi Perangkat lunak [Karena;Sejak] draglines *apakah secara khas besar, mempersulit dan sangat mahal, pelatihan operator baru bisa merupakan suatu proses licik. Dengan cara yang sama simulator penerbangan itu sudah*sudahkah mengembang;kan untuk melatih pilot, menambang perangkat lunak simulator telah dikembangkan untuk membantu operator baru di (dalam) pelajaran bagaimana cara mengendalikan mesin [itu].
UDD
UDD mewakili Universal-Dig-Dump. [Itu] menghadirkan pokok yang pertama ber;ubah ke draglines untuk hampir suatu abad, [karena;sejak] penemuan ‘ keajaiban menyentakkan’. Sebagai ganti penggunaan dua tali temali ( pengungkit menjerat dan menyeret tali) untuk menggerakkan ember, suatu UDD mesin menggunakan tiga tali temali, dua pengungkit dan orang menyeret. Ini mengijinkan dragline operator untuk mempunyai kepandaian memilih jauh lebih besar di (dalam) ketika untuk mengambil ember, dan di (dalam) bagaimana ember mungkin (adalah) dibuang. UDD mesin [yang] biasanya mempunyai produktivitas lebih tinggi dibanding suatu standard dragline, tetapi sering mempunyai isu mekanik lebih besar. Di dalam industri tambang, ada keheningan banyak debat seperti pada UDD peningkatan membenarkan biaya-biaya mereka.
C. Alat Pengangkut
Jenis Peralatan pengangkut terdiri dari antara lain :
- Dump Truck
- Dump Wagon
- Trailer
Dari beberapa peralatan tersebut, hanya dump truck dn trailer saja yang digunakan pada pekerjaan peningkatan jalan, sedangkan dump wagon dan scraver tidak digunakan.
a) Dump Truck
Penggunaan Dump Truck pada proyek ini ditujukan untuk mengangkut material-material dari quarry (tempat pengambilan batu/material). Ke tempat dimana proyek sedang dilaksanakan pekerjaannya, serta kadang-kadang juga digunakan untuk mengankut bahan/peralatan lain yang bersifat menunjang pelaksanaan pekerjaan. Keistimewaan dari Dump Truck adalah dimana muatan yang terdapat didalamnya ditumpahkan sendiri tanpa bantuan peralatan lainnya.
Berdasarkan cara penumpahannya, Dump Truck dibagi menjadi :
- Penumpahan ke belakang (rear dump truck)
- Penumpahan ke samping (side dump truck)
- Penumpahan ke belakang ke samping
Dalam menentukan daya muat dump truck yaitu :
- Berdasarkan muatan (ton)
- Berdasarkan isi pers (rata) badannya (m3)
- Berdasarkan isi munjung (penuh) (m3)
Kadang daya muat dapat diperbesar dengan menambah tinggi dinding badan truck, hal ini harus dihindari karena berakibat akan mempertinggi biaya exploitasi truck itu berupa :
- Penambahan pemakaian bahan baker
- Ban lebih cepat aus
- Bagian penting dari mesin lebih cepat rusak
- Bantalan (Bearings), roda gigi (gears) dan kopling juga lebih cepat rusak.
Dalam memilih ukuran truck untuk bekerja hendaknya disesuaikan dengan jumlah bahan/muatan yang akan diangkut, hal ini meyangkut pula jumlah truck yang akan dipilih. Untuk membandingkan keuntungan dan kerugian besar kecilnya truck yang digunakan, perlu diketahui data-data sebagai berikut :
- Lebih mudah dikemudikan dan lebih flexible dalam angkutan jarak dekat.
- Kecepatan lebih tinggi
- Lebih mudah menyesuaikan banyaknya truck dengan kemampuan excavator dan dengan demikian mempertinggi operating factor.
- Excavator lebih sukar memuatnya.
- Waktu yang hilang lebih banyak karena banyaknya truck yang digunakan.
- Berkurangnya produksi tidak begitu terasa bila salah satu truck dari kesatuan angkutan mengalami kerusakan.
Truck Besar
Keuntungan dari truck ini adalah :
- Lebih sedikit dipergunakan, dengan demikian memperkecil biaya investasi dan biaya maintenance.
- Pengemudi lebih sedikit dipergunakan.
- Baik untuk angkutan jarak jauh.
- Peralatan yang menumpuk/terkumpul disatu tempat dapat diatasi.
- Lebih mudah dimuat, waktu yang terbuang lebih sedikit.
Kerugiannya :
- Ongkos produksi lebih besar
- Dapat merusak jalan
- Pembatasan lalu lintas jalan umum (bebas jalan)
Daya muat excavator berkisar antara 0,20-0,25 x daya muat Truck. Penempatan truck dengan tepat dalam posisi untuk dimuat penting sekali artinya, hendaknya diusahakan agar swing dari shovel supaya dapat dimuat pada seluruh panjang badan truck atau ditempat searah dengan swing dari shouvel dan permukaan diatur dengan swing.
Bila untuk membuang muatan, dimulai denngan menempatkan truck pada kedudukan yang baik.
Bagi real dump truck akan berarti harus mundur kearah tempat pembuangan sehingga jarak antar tempat pembuangan dengan roda belakang menjadi sedekat mungkin.
Untuk side Dump Truck, agar mudah karena tempat pembuangan dapat dilihat oleh pengemudi.
Penggunaan Dump Truck pada proyek, cukup dominant dalam menunjang pelaksanaan pekerjaan, ini terlihat dalam operasionalnya dump truck antara lain :
- Pengankutan batuan dari tempat quarry ketempat pabrik untuk diolah menjadi krikil dan agregat.
- Mengankut tanah buangan hasil galian excavator.
- Mengankut tanah untuk timbunan badan jalan.
- Mengangkut agregat untuk lapisan jalan
- Mengangkut aspal hot mix ketempat lokasi pekerjaan.
- Mengangkut material dan bahan lainnya.
b). Trailer
Peralatan-peralatan yang dipakai untuk pekerjaan konstruksi pada umumnya bukan didesain untuk berjalan sendiri di jalan-jalan dengan mesing penggeraknya (terutama untuk jarak jauh).
Oleh karena itu untuk memindahkan peralatan-peralatan tersebut dari medan kerja yang satu kemedan kerja lain, diperlukan peralatan pengankut trailer.
Trailer secara garis besar dapat dibedakan menjadi dua jenis yaitu :
- Semi Trailer (dengan bentang tarik kaku)
- Full Trailer (dengan perlengkapan tarik khusus)
Setiap Trailer harus mempunyai bak pengangkut yang cukup kuat dan lebar bagi peralatan yang akan diangkut.
Selain itu harus dilengkapi alat-alat untuk memuat dan lebar bagi peralatan yang akan diangkut.
Selain itu harus dilengkapi alat-alat untuk memuat dan menurunkan peralatan dengan cara yang aman.
Dikarenakan pengankutan kadang-kadang melalui jalan tanjakan, turunan, daerah-daerah yang berbahaya, maka tenaga penggeraknya/Truck Tracktor harus cukup bertenaga dan dilengkapi dengan perlengkapan-perlangkapan yang diperlukan seperti : klem, pagar, rantai, dan sebagainya.
Pekerjaan yang paling sulit yang berhubungan dengan peralatan pengankutan ini adalah pada saat menaikan dan menurunkan beban/ peralatan yang diangkut, untuk itu dibutuhkan tenaga yang berpengalaman dan terampil, sehingga keamanan bagi peralatan, manusiannya dan keamanan waktu berjalan lebih terjamin.
Pengankutan peralatan dengan trailer menjadi suatu keharusan pada suatu proyek yang mempunyai jarak yang cukup jauh, karena trailer mempunyai kemampuan untuk itu, sehingga pelaksanaan pekerjaan yang menggunakan peralatan berat akan dapat diselesaikan tepat waktu.
D. Alat Pemindah Material
a) Loader
Sesuai dengan fungsinya, penggunaan loader terhadap pekerjaan penigkatan jalan digunakan untuk memuat bahan-bahan material seperti agregat tanah timbunan ke dalam dump truck yang akan membawa tanah tersebut dari lokasi penggalian kepada lokasi timbunan.
Loader dapat juga membawa sendiri material dari tempat yang satu ketempat yang akan dibangun yang jaraknya dekat, jadi dalam hal ini loader merupakan yang akan dibangun yang jaraknya dekat, jadi dalam hal ini loader merupakan dua fungsi selain untuk mengisi dump truck juga dapat untuk memindahkan material dalam jarak dekat.
Loader juga dikenal dengan dua jenis yaitu :
- Loader dengan penggeraknya crawler tractor (roda rantai)
- Loader dengan penggeraknya whell tractor
Ketinggian dari basket loader antara 8-15 feet, sehingga cukup untuk memuat material kedalam dump truck. Kapasitas muncung penuh dari basket antara seperempat sampai 25 kubik yard, tapi yang banyak dipakai adalah ukuran basket tersebut sampai dengan lima meter kubik. Untuk mengoperasikan basket tersebut digunakan hydolight controlade.
Dalam operasinya loader antara posisi pemuat dan posisi pengambil material memerlukan jarak menufer, jika jarak sempit dan terbatas maka Crowler Tractor lebih cocok digunakan,karena loader tipe ini dapat berpindah-pindah dengan perlahan-lahan.
Penggunaan loader yang lain adalah untuk menggali pondasi Base cement, dengan catatan ruangnya memungkinkan untuk pekerjaan loader.
b) Crane
keran adalah suatu pengangkatan mesin yang dilengkapi dengan suatu penggulung, tali kawat atau rantai dan mengikat berkas bahwa dapat digunakan kedua-duanya untuk mengangkat dan menurunkan material dan untuk pindah;gerakkan [mereka/nya] secara horisontal. [Itu] menggunakan satu atau lebih mesin sederhana untuk menciptakan keuntungan mekanik dan [dengan] begitu pindah;gerakkan beban di luar kemampuan [yang] yang normal suatu manusia. Keran *apakah biasanya dipekerjakan di (dalam) industri pengangkutan untuk memuat dan pembongkaran muatan; di (dalam) industri konstruksi untuk bergeraknya material; dan di (dalam) industri pabrik untuk pengumpulan alat berat.
Ikhtisar
Pelabuhan beban-keran Muatan pada [atas] suatu kapal di Mundra Pelabuhan di (dalam) India.The keran pertama *apakah ditemukan oleh Yang masa lampau Greeks dan adalah bertenaga mesin oleh manusia [laki-laki] atau beasts-of-burden, seperti keledai. Keran ini *apakah digunakan untuk konstruksi [dari;ttg] bangunan jangkung. Keran lebih besar adalah dikembangkan kemudiannya, memanfaatkan penggunaan manusia treadwheels, mengijinkan pengangkatan [dari;ttg] anak timbangan lebih berat. Di (dalam) Abad Pertengahan Yang tinggi, pelabuhan bandar keran *apakah diperkenalkan untuk [mengisi/memuat] dan membongkar kapal dan membantu dengan konstruksi mereka– beberapa *apakah dibangun ke dalam menara batu untuk stabilitas dan kekuatan ekstra. keran Yang paling awal *apakah dibangun dari kayu, tetapi besi cor dan baja mengambil alih dengan datangnya Revolusi industri [itu].
Karena banyak orang berabad-abad, [kuasa/ tenaga] *apakah disediakan oleh penggunaan phisik manusia [laki-laki] atau binatang, walaupun menaikkan di (dalam) watermills dan kincir angin bisa dikemudikan oleh kekuatan alam yang dimanfaatkan [itu]. Dulu ‘ mekanis’ [kuasa/ tenaga] *apakah disajikan oleh mesin uap, uap air keran yang paling awal yang sedang memperkenalkan di abad 19th atau yang 18th, dengan banyak orang yang sisa[nya] menggunakan baik ke dalam almarhum abad 20. Keran modern [yang] pada umumnya menggunakan mesin pembakaran bag. dalam atau motor elektrik dan sistem hidrolik untuk menyediakan suatu kemampuan pengangkatan jauh lebih besar dibanding *apakah sebelumnya mungkin, walaupun keran manual masih dimanfaatkan [di mana/jika] ketetapan [kuasa/ tenaga] akan bersifat tidak ekonomi.
Keran ada di (dalam) suatu variasi format mahabesar– masing-masing yang dikhususkan ke suatu penggunaan spesifik. Ukuran terbentang dari layar topang keran yang paling kecil, menggunakan di dalam tempat kerja, kepada keran menara yang paling tinggi, menggunakan untuk membangun bangunan tinggi, dan keran apung yang paling besar, dulu membangun minyak memasang dan menyelamatkan kapal melorot.
Sejarah keran
Yunani Masa lampau Keran
Greco-Roman Trispastos (” Three-Pulley-Crane”), keran yang paling sederhana mengetik ( 150 kg [mengisi/memuat])
Greco-Roman Pentaspastos (” Five-Pulley-Crane”), suatu varian ukuran menengah ( ca. 450 kg load)The keran untuk pengangkatan muatan berat *apakah ditemukan oleh Yang masa lampau Greeks di (dalam) almarhum 6th abad BC.[1] [record/ catatan] Yang arkeologis tidak menunjukkan bahwa kemudiannya dibanding C.515 BC serpihan membedakan untuk kedua-duanya yang mengangkat tang/penjepit dan lewis belenggu mulai untuk nampak pada [atas] blok batu Yunani Kuil. Karena lubang ini menunjuk di penggunaan suatu pengangkatan alat, dan [karena;sejak] mereka (diharapkan) untuk ditemukan yang manapun di atas pusat gravitasi [menyangkut] blok, atau berdua-dua sama jauh dari suatu titik (di) atas pusat gravitasi, mereka *apakah dihormati oleh ahli arkeologi [sebagai/ketika] hal positif bukti memerlukan untuk keberadaan [menyangkut] crane.[1]
Pengenalan tentang mesin derek dan kerekan menaikkan segera mendorong kearah suatu penggantian lereng [yang] tersebar luas [sebagai/ketika] [alat/ makna] gerak vertikal yang utama. Karena yang berikutnya dua ratus tahun, Yunani Lokasi bangunan menyaksikan suatu tetesan tajam/jelas di (dalam) anak timbangan menangani, [seperti;sebagai;ketika] teknik pengangkatan yang baru buat penggunaan beberapa batu lebih kecil yang lebih [yang] praktis dibanding lebih sedikit yang lebih besar. Berlawanan dengan periode yang kuno dengan kecenderungan nya ke ukuran blok senantiasa meningkan, Yunani Kuil [menyangkut] [umur/zaman] yang klasik seperti Parthenon [yang] tanpa alternatip menonjolkan blok batu menimbang kurang dari 15-20 ton. Juga, praktek erecting kolom monolitis besar *apakah pada kenyataannya dikalahkan berpihak pada penggunaan beberapa kolom drums.[2]
Walaupun keadaan [yang] yang tepat [menyangkut] pergeseran dari lereng kepada teknologi keran tinggal belum jelas, [itu] telah berargumentasi bahwa sosial yang mudah menguap dan kondisi-kondisi Yunani [yang] politis jadilah lebih pantas kepada ketenaga-kerjaan [dari;ttg] kecil, regu konstruksi profesional dibanding badan buruh tak ahli besar, membuat keran yang lebih lebih baik kepada Yunani polis dibanding yang lereng [yang] semakin padat karya tadinya norma di (dalam) masyarakat Mesir [yang] yang otokratis atau Assyria.[2]
bukti [yang] berkaitan kesusasteraan tegas Yang pertama untuk keberadaan [menyangkut] sistem kerekan campuran nampak di (dalam) Mekanik Permasalahan ( Mech. 18, 853a32-853b13) Aristotle yang dihubungkan dengan ( 384-322 BC), tetapi barangkali menyusun pada suatu tanggal/date [yang] sedikit kemudiannya. Di sekitar waktu yang sama, ukuran blok pada Yunani Kuil mulai untuk [tanding/ temu] pendahulu [yang] kuno mereka lagi, menunjukkan bahwa kerekan campuran [yang] semakin canggih harus telah menemukan [jalan/cara] nya ke konstruksi Yunani Lokasi nya [oleh/dengan] then.[3]
Masa lampau keran Roma
Rekonstruksi suatu 10.4m yang tinggi Roma Polyspastos pada Bonn, Negara Jerman ( I)
Rekonstruksi suatu 10.4m yang tinggi Roma Polyspastos pada Bonn, Negara Jerman ( II)THE masa jaya keran di (dalam) zaman lampau tergolong Kerajaan Romawi, kapan aktivitas konstruksi membumbung tinggi dan bangunan mencapai dimensi mahabesar. Orang-Orang Roma mengadopsi Yunani Keran dan mengembang;kan ia/nya lebih lanjut. Kita *apakah sumur secara relatif diberitahukan sekitar terima kasih teknik pengangkatan mereka ke rekening/tg-jawab [yang] agak panjang oleh insinyur Vitruvius ( Tidak Architectura 10.2, 1-10) dan Burung bangau Alexandria ( Mechanica 3.2-5). Ada juga dua relief;pembebasan [yang] yang menyelamatkan nyawa [dari;ttg] treadwheel keran Roma [yang] menawarkan bukti bergambar, dengan Haterii batu nisan dari almarhum abad pertama IKLAN yang sedang terutama sekali terperinci.
Yang paling sederhana keran Roma, Trispastos, terdiri dari suatu single-beam layar topang, suatu mesin derek, suatu tali, dan suatu blok [yang] berisi tiga kerekan. Setelah [dengan] begitu suatu keuntungan mekanik 3:1, [itu] telah dihitung bekerjanya manusia [yang] tunggal itu [adalah] mesin derek bisa menaikkan 150 kg ( 3 kerekan x 50 kg= 150), mengira bahwa 50 kg menghadirkan usaha yang maksimum suatu orang [laki-laki] dapat menggunakan (di) atas suatu periode waktu lebih panjang. keran lebih berat Jenis menonjolkan lima kerekan ( Pentaspastos) atau, dalam hal yang paling besar, satu set tiga oleh lima kerekan ( Polyspastos) dan datang dengan dua orang, tiga atau empat tiang kapal, tergantung pada beban maksimum [itu]. Polyspastos, ketika dikerjakan dengan pedoman empat manusia [laki-laki] pada kedua sisi [menyangkut] mesin derek, bisa telah mengangkat 3000 kg ( 3 tali temali x 5 kerekan x 4 manusia [laki-laki] x 50 kg= 3000 kg). Jika mesin derek *apakah digantikan oleh suatu treadwheel, beban maksimum genap digandakan ke 6000 kg hanya pada separuh anak kapal, [karena;sejak] treadwheel menguasai suatu banyak keuntungan mekanik lebih besar dalam kaitan dengan garis tengah lebih besar nya. Ini bermaksud/arti bahwa, di (dalam) perbandingan kepada konstruksi [menyangkut] Piramida Mesir, [di mana/jika] sekitar 50 man



E. Peralatan Pemadat (Compactig Equipment)
Peralatan pemadat terdiri dari :
a) Tandem roller
b) Pendestrian
c) Vibrating compactor
d) Rammer
e) Tamper
f) Type roller
g) Three whell roller
h) Combination roller
i) Macadam roller
j) Sheepoot roller
Dalam pelaksanaan konstruksi jalan dan landasan terbang atau konstruksi-konstruksi lain yang memerlukan stabilitas dan kepadatan tertentu, diperlukan peralatan untuk pemadatan.
Pemadatan adalah usaha untuk menyusun kembali letak butir tanah sehingga pada tanah dasar tersebut dicapai letak butir yang rapat.
Berbagai macam cara pemadatan, namun yang umum dipakai pada proyek konstruksi jalan, dengan cara penggilasan (roller) dengan peralatan seperti di atas. Pada pekerjaan peningkatan jalan, tidak semua peralatan pada suatu pekerjaan harus mempertimbangkan segi efisiennya, ekonomis dan kemampuan peralatan, serta medan yang dihadapi dan lain-lain.
Pembatasan penggunaan peralatan tersebut, membawa kita harus memilih peralatan yang benar-benar dapat menunjang pelaksanaan pekerjaan, sebab kesalahan dalam menentukan peralatan akan berpengaruh, baik dari segi teknis maupun dari segi ekonomisnya.
Peralatan-peralatan yang digunakan pada proyek tersebut akan melakukan pemadatan adalah :
a) Tandem Roller
b) Vibrator Compactor
c) Tyre Roller
d) Three Wheel Roller
e) Sheep Foot Roller
Peralatan-peralatan tersebut diangap mampu untuk melaksanakan tugas-tugasnya.
a) Tandem Roller
Penggunaan dari penggilas ini untuk mendapatkan permukaan yang agak halus, misalnya penggilas lapisan hotmix. Tandem roller ini memberikan lintasan yang sama pada masing-masing rodanya, beratnya antara 8-14 ton. Penambahan berat yang diakibatkan oleh pengisian zat cair (ballasting), berkisar antara 25-60% dari pada berat penggilas. Untuk mendapatkan penambahan kepadatan pada pekerjaan penggilas biasanya digunakan three axle tandem roller pada penggilasan batu-batuan yang keras dan tajam, sebaiknya jangan dilakukan, sebab akan merusak roda penggilasnya.
b) Vibrator Roller/Penggilas dengan getaran
Peralatan ini digunakan untuk :
- Pemadatan tanah timbunan pada pembentukan badan jalan.
- Pemadatan hamparan aggregate A dan aggregate B
Vibrator Roller adalah tandem roller yang mempunyai efisiensi pemadatan yang sangat baik, dan memungkinkan untuk digunakan secara luas dalam setiap jenis pemadatan, karena membawa aspek dayadinamis terhadap tanah sehingga butir-butir tanah cenderung mengisi bagian-bagian yang kosong yang terdapat di antara butir-butirnya, sehingga tanah menjadi padat.
Tiga factor yang diperlukan dalam proses pemadatan dengan menggunakan vibrator roller yakni : frekuensi, getaran, amplitudo getaran dan gaya sentrifungal.
Vibrator Compactor adalah gabunagn ketiga prinsip sekaligus yakni : Rolling, tampin dan vibration.
c) Tyre Roller/Pneomatik Roller atau penggilas roda ban
Alat ini biasanya digunakan pada pemadatan kedua setelah tandem roller/three wheel roller, dimana dalam pelaksanaannya roda karet selalu basah/selalu dibasahi denga air.
Jenis peralatan ini ada yang bermesin sendiri dan ada yang ditarik-tarik, roda penggilas jenis ini mempunyai susunan roda muka dan belakang selang-seling, bagian yang tidak tergilas oleh roda belakang dan pada akhirnya nanti akan tergilas pada roda berikutnya. Roda-roda ini menghasilkan apa yang dinamakan heading action (tekanan) terhadap tanah sehingga membantu konsolidasi tanah. Peralatan ini baik sekali digunakan pada pekerjaan penggilasan bahan granular, dan penggilasan antara. Seperti pada pekerjaan peningkatan jalan. Peralatn tersebut digunakan untuk penggilasan tanah timbunan pada badan jalan digunakan untuk :
- Penggilasan tanah timbunan pada badan jalan
- Penggilasan Hot Mix pada pekerjaan ATB
- Penggilasan Hot Mix pada pekerjaan HRS
Pada lapisan yang berbatu dan tajam akan mempercepat kerusakan pada roda-rodanya.
d) Three Wheel Roller
Three wheel Roller atau disebut juga Macadam Roller, sering digunakan untuk pemadatan yang berbutir kasar dan untuk menambah bobotnya, maka roda silinder yang kosong diisi dengan zat cair (minyak, air) atau kadang-kadang diisi dengan pasir sehingga bobotnya dapat meningkat antara 15-35% dari berat penggilas antara 6-12 ton.
e) Sheep Foot Roller (penggilas kaki kambing)
Untuk daerah yang badan jalannya menggunakan tanah timbunan sebaiknya alat ini dipergunakan terlebih dahulu baru peralatan pemadatan yang menggunakan three wheel roller.
Sheep Foot Roller ini akan membuat timbunan tanah badan jalan lebih padat dalam pengkerasannya dan alat itu sendiri tidak akan terbenam dan tergelincir oleh karena kelembekan tanah sebab rodanya sendiri mempunyai kuku kambing.
F. Alat Pemproses Material
Peralatan produksi terdiri dari beberapa jenis yaitu :
a) Stone Cruishing Plant (Mesin Pemecah Batu)
Peralatan pemecah batu pada proyek ini digunakan sebanyak dua unit, yang masing-masing mempunyai kapasitas 60 ton/hr dan 30 ton/hr, peralatan ini dipergunakan untuk memproduksi agregat kasar > 4,75 mm dan agregat halus < 4,75 mm.
Perlengkapan-perlengkapan dari unit pemecah batu terdiri dari :
- Crusher/Pemecah Batu.
- Sceen/ayakan
- Feeder/Pengisi
- Conveyor/Ban Penghantar
- Washing Equipment/Perlengkapan Pencuci dan lain-lain.
Untuk mendapatkan batu-batu pecah dengan ukuran yang dikehendaki, maka bagian-bagian unit pemecah ini harus disetel dan ditambah dengan perlengkapan lain seperti : Primary, Secondary dan Tertiary Crusher dan sebagainya.
Peralatan pemecah batu, bila ditinjau dari alat pemecahannya ada beberapa jenis seperti :
- Jaw Crusher
- Impact Crusher
- Gyratory Crusher
- Roll Crusher
- Cone Crusher dan sebagainya.
Untuk mendapatkan butiran yang disebut aggregate diperlukan pemecahan lebih lanjut, sehingga didapat gradasi yang minimal, maka digunakan crushing plant yakni yang meyerupai sebuah pabrik.
Tahap-tahap pemecahan dari jenis crusher yang digunakan antara lain adalah:
Pemecahan tahap pertama oleh jenis Primary Crusher diperlukan :
- Jaw Crusher (pemecah type rahang)
- Giratory Crusher (pemecah giratori)
- Impact Crusher (pemecah type pukulan)
Pemecah tahap kedua oleh jenis Secondary Crusher dipergunakan :
- Cone Crusher (pemecah type konus)
- Roll Crusher (pemecah type silinder)
- Hammer mill (pemecah type pukulan)
Pemecah selanjutnya bila diperlukan, oleh Tertiary Crusher dipergunakan :
- Roll Crusher (pemecah type silinder)
- Rod Mill (pemecah type batang)
- Ball Mill (pemecah type bola)
Kombinasi-kombinasi tersebut dapat saja diubah-ubah berdasarkan pengalaman dan percobaan pabrik, namun yang paling banyak digunakan untuk Primary Crusher adalah Jaw Crusher.
Keuntungan-keuntungan dari Jaw Crusher adalah :
- Sederhana dalam konstruksi.
- Memerlukan tenaga yang relative kecil.
Ukuran dari Crusher ditentukan oleh lubang Jaw bagian atas dan lebar Jawnya sendiri diukur dengan inchi.
Corong atau Lubang bagian bawah yang disebut Discharge Opening di mana batu-batu pecah keluar, lebarnya dapat disetel, dimana lebar corong pada waktu dibuka minimal merupakan ukuran batu maksimal yang akan di produksi.
Penyetelan lubang Jaw bagian bawah/lebarnya dinamakan Jaw setting dan ini dilakukan dengan mengeraskan atau mengendorkan baut penyetel.
Sedangkan ukuran batu yang dapat dipecahkan, tanpa batu tersebut keluar terpental, dan kerasnya batu juga mempengaruhi pula tehadap ukuran batu yang dapat dipecah.
Impact Crusher
Pemecah batu dilakukan adanya flail yang berputar dan memukul dengan cara impact batu yang dimasukan melalui hopper chute, yang ujung flail dari baja sangat keras dan berkualitas tinggi.
Keuntungan jenis ini adalah :
- Bagian-bagian flail (rotor) dan breaker plate lekas aus.
- Mudah timbul kemacetan bila batu yang dipecah terlalu keras.
Jenis crusher lain yang banyak dipakai sebagai primer dan sekunder adalah Gyratory Crusher.
Gyratory atau goyamgan adalah merupakan gerakan daripada jenis pemecah batu didalam bekerja memecahkan batu-batu.
Keuntungan jenis pemecah batu ini adalah :
- Produksinya lebih nesar.
- Hasil pemecahan akan lebih baik dan uniform/seragam.
Sedangkan kerugiannya adalah :
- Memerlukan tenaga yang lebih besar
- Lebih mahal dari jenis Jaw
- Perlu tempat kearah vetikal yang lebih tinggi untuk pemasangannya
- Tidak sesuai untuk dipakai memecahkan batuan yang lembab
Roll Crusher
Roll Crusher atau pemecah batu jenis roll, memecah batu dengan menjepitnya diantara satu, dua roll atau lebih dimana roll-roll akan berputar berlawanan dengan adanya berat sendiri dan gusuran dari batu, maka batu akan pecah.
Adapun permukaan dari Roll/Silinder bermacam-macam ada yang rata, bergelombang, beralur dengan bermacam-macam, gigi-gigi dan sebagainya, sesuai dengan jenis batu dan hasil pemecahan yang diharapkan.
Roll Crusher ini dipergunakan sebagai peralatan untuk pemecah terakhir. Roll Crusher ini adalah paling tepat dipergunakan untuk secondary crusher deikarenakan adanya bebrapa keuntungan antara lain :
- Ekonomis dan tidak memerlukan tempat yang besar
- Gradasi hasil pemecahan baik dan tidak pipih dan dengan syarat batu yang dipecah harus dibatasi ukurannya.
Adapun peralatan yang dipakai untuk memperoleh hasil yang memenuhi syarat baik gradasi dan jumlah produksi yang maksimum, maka perlu diperhatikan pula alat-alat perlengkapannya, berupa : pengisi, ayakan ban penghantar, pencuci dan beberapa penrlengkapan lainnya.
Alat-alat perlengkapan ini hrus diatur, disetel dan dipilih yang benar-benar sesuai.
b) Asphalt Mixing Plant / Pencampur Aspal
pada umumnya Asphalt Mixing Plant dapat dibedakan menjadi dua jenis yaitu :
- Jenis batch
- Jenis continous
Di samping itu dapat pula dilakukan pencampuran aspal dengan tangan atau peralatan greder tetapi hasil cempurannya berupa beton aspal tidak berkualitas tinggi.
Bagian-bagian laindari pabrik pencampuran aspal adalah :
- Dryer, alat untuk mongering dan memanasi bahan-bahan batu
- mixer, tempat pengadukan sejumlah aspal dan batuan sesuai dengan ketentuan laboratorium
- Aphalt heater dan storage tank yaitu tempat penuangan aspal dan alat pemanasnya, guna memanaskan aspal sesuai dengan temperature yang telah ditentukan.
- Generator plant, yaitu tenaga pembangkit arus listrik untuk penggerakan perlengkapan asphalt mixing plant. Loader atau clamshell sebagai peralatan untuk mengisi batuan ke dalam cold bin.
Adapun urutan proses pencampuran adalah sebagai berikut :
- Penyediaan batuan pada cold bin dengan loader dan sebagainya
- pengeringan dan pemanasan batuan pada driyer dengan temperature yang ditentukan (1800-2500 c) dan memisah-memisahkannya melalui ayakan.
- mengalirkan aspal yang telah dipanasi tersebut pada aspal heater
- Dengan ukuran berat (%) yang ditentukan, baik batuan aspal dicampur
- Bahan-bahan dicampur dengan sempurna pada alat-alat pencampur
- setelah dicampur, bahan-bahan tersebut dituang diatas dump truk siap untuk dibawa ketempat dimana pekerjaan dilakukan
Ukuran-ukuran dan macam-macam dari aspal mixing plant berbeda-beda sesuai kebutuhan dan pabrik pemuat, antara lain 3 ton, 6 ton,12 ton, 25 ton, 30 ton, 50 ton dan 100 ton per jam. Ada yang mobilir, semi satsioner dan stasioner. Cold bin yang terdiri dari bebrapa buah corong merupakan tempat untuk menimbun batu-batuan yang berbeda-beda ukurannya. Selain itu cold bin harus dapat mendistribusikan bahan-bahan untuk dibawa ke dryer.
Dryer itu sendiri merupakan tabung berputar yang dipanasi dengan tupan burner/pemanas agar pengaliran batuan-batuan dapat berjalan lancer, maka dibuat miring dengan sudut tertentu. Jadi pada dryer ini batu dikeringkan dan dipanaskan. Sebelum dicampur dengan aspal, batuan disaring melalui ayakan untuk memisahkan ukurannya. Sedangkan butiran-butiran halus yang diperlukan untuk membuat gradasi campuran menjadi baik tidak turut tertiup keluar, maka dibuatkan alat yang disebut dust collector. Batuan halus tesebut dimasukan lagi kedalam massa batuan dengan screuw conveyor kemudian semua dimasukan kearah mixer. Adapun aspalnya sendiri dari drum-drum dituangkan pada tangki-tangki pemanas kemudian dipanaskan dengan suhu yang sesuai dengan spesifikasi, sebelum dialirkan dengan pompa ke mixer. Pembersihan/flushing dengan solar pada pipa dan pompa harus dilakukan setelah selesai pekerjaan agar sisa-sisa aspal yang tertinggal dalam pompa dan pipa dapat terbuang.
Yang disebut batech type asphalt mixing plant adalah pabrik pencampur aspal yang menggunakan alat penimbang untuk (%) berat masing-masing batuan didalam suatu batch pada setiap kali pengaduan. Batuan-batuan dari hot elevator pada ayakam untuk memisahkan ukuran kedalam alat penimbang, kemudian dimasukan ke dalam mixer/pugmill.
Apabila pengadukan telah homogen/merata, maka pintu penuangan dibuka dan bahan campuran aspal tertuang dalam dump truck.
Untuk memperoleh bahan campuran aspal yang baik, maka pemilihan ayakan sangat menentuakan disamping itu alat perlengkapan yang lain dan dukungan laboratorium harus pula diperhatikan. Yang banyak dipakai di Indonesia adalah jenis bacth type asphalt mixing plant, dan sedangnjenis konus aspal mixing plant adalah pencampuran aspal yang lain perbedaannya adalah pada cara pengukuran perbandingan berat batuan aspal, pada jenis continous ini didasarkan pada pasaran volume, bukan timbangan berat bahan. Dengan prinsip pengukuran volume batuan yang terus-menerus dari hot bin ke dalam pogmil dan berdasarkan kecepatan putaran pompa aspal, sehingga dapat ditentukan persentase aspal yang diperlukan. Apabila penyetelan rongga gate untuk batuan dan aspal yang diperlukan telah dilakukan, maka pabrik pencampuran aspal jenis continous dikatakan berjalan secara otomatis. Sehingga peranan operator tak begitu menentukan seperti pada jenis batch dan bertindak mengawasi sehingga kesalahan-kesalahan dapat dikurangi.
c) Concrete Mixer (pencampur beton)
peralatan ini pada pekerjaan peningkatan jalan juga digunakan untuk keperluan memproduksi beton untuk pembuatan gorong-gorong. Alat ini prinsipnya terdiri atas beberapa buah silinder tegak yang dapat berputar terhadap proros memanjang, atau juga ada yang tilting drum(silinder miring), proses ini dapat diatur sedemikian rupa sehingga mempermudah pemasukan dan pengeluaran bahan beton. Dalam silinder tersebut terdapat sebuah dayung (paddle) yang berfungsi sebagai pengaduk campuran beton, bila silinder ini yang berfungsi sebagai pengaduk campuran beton, bila silinder ini berputar sehingga beton menjadi rata dan dapat menghasilkan beton yang baik.
Pengalaman pada proyek bahwa peoses pencampuran beton, air diberikan ke dalam silinder setelah campuran padat (semen, pasir, kerikil) tercampur sempurna. Volume silinder ditentukan oleh banyaknya silinder tersebut dan jumlah silinder ini menunjukan kapasitas nominal silinder, yang terisi oleh bahan campuran diukur dalam campuran culf, kapasitas nominal ini biasanya 1/3 atau ¼ dari volume silinder, hal ini dapat dimengerti karena campurannya bahan beton dengan baik memerlukan rumus :
Dimana :
qm = Produksi beton (cuyd/jam)
v = volume silinder (cilf)
k = jumlah standar volume yang diizinkan, bernilai antara 1,10-1,20
c = waktu minimum untuk pengisian dan pengeluaran (meni)
m = waktu campur minimum yang diperlukan (menit)
peralatan-peralatan penunjang dari concrete mixer ini adalah :
- Batcher equipment (peralatan penakar)
Berfungsi untuk menampung dan mengukur material beton sebelum dituangkan ke dalam mixer, kapasitas batcher minimum 3 kali kapasitas mixer.
Material dari batcher yang akan diberikan pada mixer melewati gate yang dapat diatur secara manual dengan tenaga listrik atau kompresor.
Jenis-jenis batcher :
- Single material batcher
- Multiple atau cumulative batcher
- Concrete Hauling Equipment (peralatan pengangkut beton)
Peralatan ini digunakan bila kapasitas pekerjaan terlalu besar, kurang produktif sehingga menghambat pekerjaan peralatan tersebut adalah :
- Hand operated cart (cikar) dengan satu atau dua roda.
- Monorail dump car (gerbong pemuat dengan rel)
- Power buggy (semacam grobak kecil) yang berporos dua dengan 3 sampai 6 buah roda)
- Hoist elevator bucket (bucket yang dilengkapi dengan alat pengangkat)
- Crane handled bucket, bias bergerak vertical dan horizontal
- Consret belt conveyor (ban berjalan)
- Concrete pump truck (truk pengangkut beton)
- Rail road car (lori)
- Kabel-kabel pelengkap hoisting (pengangkat)
- Peralatan pengecor lainnya seperti :
- Bucket untuk pengecoran beton
- Conveyor (ban berjalan)
- Pompa beton (concrete pump equipment)
Kegunaanya adalah menyalurakan bahan cor melalui sebuah saluran yang tertutup ke tempat pengecoran.
Pemompaan ini melalui suatu pipa atau selang dipasang secara kombinasi certikal dan horizontal atau miring.
System pompa beton ini sangat cocok untuk pembuatan terowongan pengecoran lantai jembatan dan pada dinding yang memanjang sepanjang dinding satdion.
d) Crusher
Suatu kapal pesiar/penghancur adalah suatu mesin merancang untuk mengurangi object material padat besar ke dalam suatu volume lebih kecil, atau potongan lebih kecil. Kapal pesiar/penghancur mungkin (adalah) digunakan untuk mengurangi ukuran, atau ber;ubah format, tentang barang sisa [yang] sehingga mereka dapat dengan mudah membuang atau mendaur ulang, atau untuk mengurangi ukuran suatu campuran bahan baku padat ( seperti di batu karang bijih), sedemikian sehingga potongan dari komposisi yang berbeda dapat dibedakan. Penghancuran adalah proses pemindahan suatu kekuatan yang diperbesar oleh keuntungan mekanis melalui suatu material dibuat dari molekul yang mengikat bersama-sama lebih betul-betul, dan membalas kelainan bentuk lebih [], dibanding mereka yang material yang sedang dihancurkan. Penghancuran alat [memegang/menjaga] material antar[a] dua paralel atau tangen permukaan padat, dan [menerapkan/berlaku] kekuatan cukup untuk membawa permukaan bersama-sama untuk menghasilkan energi cukup di dalam material yang sedang dihancurkan sedemikian sehingga molekul nya terpisah dari ( pematahan), atau ber;ubah kelurusan dalam hubungan dengan ( kelainan bentuk), satu sama lain. kapal pesiar/penghancur Yang paling awal adalah hand-held batu, [di mana/jika] berat/beban [menyangkut] batu menyajikan suatu menaikkan tegangan ke [kuasa/ tenaga] otot, menggunakan melawan terhadap suatu besi landasan batu. Penggilingan manual dan mortir/lumpang/adukan semen adalah jenis ini menghancurkan alat.
Uraian
Di (dalam) industri, suatu kapal pesiar/penghancur secara khas suatu yang mesin menggunakan suatu permukaan metal untuk pecah;kan atau memampatkan material. Pekerjaan tambang operasi menggunakan kapal pesiar/penghancur, biasanya digolongkan oleh derajat tingkat [bagi/kepada] yang (mana) mereka membagi-bagi bahan dasar, dengan kapal pesiar/penghancur [yang] sekunder dan utama [yang] menangani material kasar, dan tersier dan quaternary kapal pesiar/penghancur yang mengurangi partikel nsur/butir bijih ke gradasi pendenda. [Yang] secara khas, menghancurkan langkah-langkah *apakah diikuti dengan penggilingan langkah-langkah jika kebutuhan akan material untuk dikurangi lebih lanjut . Kapal pesiar/penghancur *apakah digunakan untuk mengurangi partikel nsur/butir ukuran cukup sedemikian sehingga material dapat diproses ke dalam partikel nsur/butir pendenda di (dalam) suatu gerinda/tukang asah. Suatu sirkit khas pada suatu tambang/ranjau/aku mungkin terdiri dari suatu kapal pesiar/penghancur yang diikuti oleh suatu penggilingan KELONGGARAN yang diikuti oleh suatu penggilingan peluru/bola. Di (dalam) konteks ini, penggilingan peluru/bola dan penggilingan KELONGGARAN *apakah dipertimbangkan gerinda/tukang asah dibanding/bukannya kapal pesiar/penghancur.
Jenis Crusher
Dengan compaction metoda
Jaw Crusher
Jaw Crusher terdiri dari satu set vertikal jaws, satu rahang yang sedang ditetapkan;perbaiki dan lain yang sedang dimundurkan dan maju sehubungan dengan ia/nya oleh suatu bubungan atau pitman mekanisme. Jaws adalah lebih jauh terpisah ada di puncak dibanding pada dasar/nya, membentuk suatu parasut diruncingkan sedemikian sehingga material dihancurkan semakin lebih kecil dan lebih kecil seperti [itu] bepergian mengarah ke bawah sampai adalah cukup kecil untuk lepas dari dasar membuka. Bergeraknya rahang dapat [yang] sungguh kecil, karena penghancuran [yang] lengkap tidaklah*janganlah dilakukan di (dalam) orang pukulan.
Kelesuan memerlukan untuk menghancurkan material disajikan oleh suatu roda terbang dihargai yang pindah;gerakkan suatu batang yang menciptakan orang yang aneh kelakuannya mengisyaratkan yang menyebabkan penutupan [menyangkut] gap [itu].
Tunggal Dan menggandakan kapal pesiar/penghancur rahang kotak/pelat *apakah dibangun plat dibuat kuat membingkai dengan penguatan tulang rusuk dalam keseluruhannya. kapal pesiar/penghancur Komponen [menjadi/dari] disain kekuatan tinggi untuk menerima daya kuda tinggi [menggambar/menarik]. Baja manggan digunakan untuk kedua-duanya menetapkan;perbaiki dan wajah rahang dapat dipindahkan. Roda terbang berat/lebat mengijinkan menghancurkan puncak pada [atas] material tabah
Gyratory kapal pesiar/penghancur
Gyratory Crusher adalah serupa di (dalam) konsep dasar [bagi/kepada] Gytratory Crusher, terdiri dari suatu permukaan cekung dan suatu kepala konis; permukaan kedua-duanya *apakah secara khas dilapisi dengan baja manggan permukaan. kerucut Yang bagian dalam mempunyai suatu gerak lingkar sedikit, tetapi tidak berputar; pergerakan dihasilkan oleh orang yang aneh kelakuannya pengaturan. [Seperti/Ketika] dengan Crusher, material bepergian [yang] mengarah ke bawah antara kedua permukaan yang sedang semakin dihancurkan sampai adalah cukup kecil untuk jatuh ke luar melalui/sampai gap antara kedua permukaan.
Sebagai suatu contoh, suatu Fuller-Traylor gyratory kapal pesiar/penghancur menonjolkan throughputs [bagi/kepada] 12,000 TPH dengan kuasa-kuasa diinstall [bagi/kepada] 1,300 hp ( 970 kW).
Dampak Crusher
Dampak Kapal pesiar/penghancur melibatkan penggunaan dampak dibanding/bukannya memaksa untuk menghancurkan material. Material dimasukkan di dalam suatu sangkar, dengan pembukaan pada [atas] alas/pantat, akhir, atau sisi [menyangkut] ukuran yang diinginkan untuk mengijinkan material dilumatkan untuk lepas. Kapal pesiar/penghancur jenis ini pada umumnya menggunakan dengan material tidak abrasive dan lembut seperti batubara, benih, batu gamping, gips atau bijih metalik lembut.
G. Alat Penempatan Akhir Material
Peralatan ini terdiri dari beberapa jenis yaitu :
- Finisher Asphalt Concrete.
- Sprayer Distributor.
a). Finisher Asphalt Concrete.
Peralatan ini digunakan untuk menghampar campuran aspal dan agregat yang sudah dipanaskan (hoymix) pada permukaan jalan.
Pengelaran dari campuran aspal harus berbentuk ketebalan merata seragam dan sedemikian rupa sehingga sudah siap untuk dipadatkan dengan mesin gilas roda besi atau roda ban.
Alat-alat penyetel harus disetel sedemikian rupa sehingga dapat membentuk lereng (crown) dan super elevasi yang benar pada permukaan jalan baru.
Peralatan pengelaran asphalt ini terdiri dari dua bagian utama :
- Unit Tractor
- Unit Screed Floating
Unit tracktor mrupakan penggerak dengan leabang atau ban yang dilengkapi hopper menampung, feeder distributing euger atau spreading screw, power plint transmisi dual control dan tempat duduk operator.
Sedang unit screed flowting menjadi satu dengan tractor dan bergerak diatas permukaan campuran aspal yang telah digelar.
Dimana screed flowting dilengkapi dengan tamper atau penggetar, pengatur ketebalan, pengatur lerengan pemana screed dan plet screed. Untuk memperoleh hasil permukaan jalan yang baik, maka operator dari peralatan ini harus dipilih yang benar-benar berpengalaman, sebab kalau tidak, akan menghsilkan pekerjaan yang sia-sia.
Perlu diperhatikan pula segi pemeliharaan dari peralatan ini dikarenakan peralatan ini banyak bergubungan dengan aspal yang akan mengeras, setelah beberapa saat maka pembersihan sehabis pekerjaan selesai dan pelumasan harus dikerjakan dengan cermat dan seteliti mungkin.
b). Sprayer / Asphalt Distributor
Peralatan ini digunakan untuk menyemprotkan aspal agar permukaan jalan seragam dan merata.
Penyemprotan aspal pada umumnya terdiri dari :
- Tangki aspal dengan peralatannya
- Alat pemanas dengan perlengkapannya
- Pompa aspal yang berupa pompa gigi
- Alat penyemprot (dengan penyemprot, alat penyemprot tanagn dan lain-lain).
- Pengatur (petunjuk kecepatan dan arah)
Jenis peralatan yang banyak dipakai adalah :
- Peralatan penyemprot dengan tekanan bervariasi yang berhubungan dengan kecepatan.
- Peralatan penyemprot dengan tekanan tetap tanpa by pass pada waktu penyemprotan.
Dari kedua jenis diatas, maka jenis kedua yang mempunyai banyak keuntungan, karena penyemprotan aspal lebih merata, apabilatimbul kebakaran pengemudi dapat menggantikan pompa aspalnya untuk temperature aspal tetap.
Sebelum dipergunakan peralatan harus diperiksa terlebih dahulu semua peralatan dan bahan yang dipergunakan dengan prosedur yang baik.