KLASIFIKASI ALAT BERAT BERDASARKAN FUNGSINYA
A. Alat Pengolah Lahan
a) Bulldozer
Bulldozer
sangat baik untuk pengolahan lahan pemindahan tanah jarak dekat dan
efektif sekali untuk houling distance sampai maksimum 100 meter.
Bulldozer dapat juga digunakan sebagai memotong dan mendorong tanah
sekaligus ke depan.
Bulldozer sangat penting kegunaannya terutama untuk :
- Membersihkan medan dari tanggul kayu dan batuan yang tidak terpakai.
- Memindah dan menghampar tanah isian (fiels)
- Pemelihara jalan kerja
- Menyiapkan bahan dari soil borrow pit dan quarry pit/tempat pengambilan bahan.
- Penghamparan tanah timbunan pada badan jalan sekaligus berfungsi memadatkan tanah tersebut.
Pada
dasarnya bulldozer adalah alat yang menggunakan traktor sebagai
penggerak utamanya, yang dilengkapi dengan dozer yang memungkinkan
untuk diberi kemampuan mendorong kemuka, sedang angli dozer selain
mendorong ke samping sampai membuat sudut 25 derajat terhadap kedudukan
lurus.
Menurut Track shoe-nya, Bulldozer dibedakan sebagai berikut :
- Crawler tractor dozer (dengan roda kelabang)
- Wheel tractor dozer (dengan roda ban)
- Swamp bulldozer (untuk daerah rawa)
Berdasarkan penggerak bladenya, bulldozer dibedakan sebagai berikut :
- cabel controlade (kendali kabel) alat ini sudah tidak sering dipergunakan lagi.
- Hydrolic Controlade (kendali hidrolik) semua penggerak menggunakan tekanan minyak hodroli.
Macam-macam Blade Bulldozer :
- Universal Blade (U-Blade)
Digunakan untuk penyediaan bahan dan teklamasi tanah.
- Angling Blade (A-Blade)
Adalah
paling cocok untuk segala jenis lapangan dan merupakan modifikasi dari
U-Blade, manufer lebih mudah dan dapat menghandle material dengan mudah
misalnya :
- Pembuangan ke samping (side casting)
- Pembukaan jalan (Poneering road)
- Menggali saluran (cating ditches)
- Cushion Blade (C-Blade)
Dilengkapi
bantalan karet untuk meredam tumbukan. Bulldozer ini untuk membawa dan
mendorong material yang bladenya sangat efisian karena dapat
menghindari kehilangan material sedikit mungkin.
- Universal Blade (U-Blade for Light material)
Digunakan untuk antara lain :
- Stock file dari tanah lepas/gembur
- Reklamasi/Penggunugan dengan tanah lepas/lembur
Perbandingan antara dozer crawler tractor dengan dozer wheel tractor.
Tiap tipe dari Bulldozer mempunyai kelebihan tersendiri tergantung dari
kondisi lapangan. Bulldozer merupakan alat yang sangat dominant
diperlukan dengan dua fingsi sekaligus yaitu penghamparan dan pemadatan
tanah.
b) Motor Greader
Modern grader in use by the U.S. military.
1918 grader.
CAT 143h plowing snow in Ouray, Colorado.
Greader,
juga biasanya dikenal sebagai suatu mesin sortir/penilai jalan, suatu
mata pisau, suatu memelihara atau suatu mesin sortir/penilai motor,
adalah suatu sarana (angkut) rancang-bangun dengan suatu mata pisau
besar yang digunakan untuk menciptakan suatu permukaan datar. Model
khas mempunyai tiga poros sumbu, dengan taxi dan mesin/motor meletakkan
di atas poros belakang sependapat akhir [menyangkut] sarana (angkut)
dan sepertiga poros sumbu pusat perhatian/paling depan akhir
[menyangkut] sarana (angkut), dengan mata pisau di tengahnya.
Di
(dalam) tehnik sipil, tujuan mesin sortir/penilai untuk ” menyelesaikan
nilai/kelas” ( menyuling, menetapkan dengan tepat) ” penilaian yang
keras/kasar/kejam” yang dilakukan oleh alat berat atau sarana (angkut)
rancang-bangun seperti traktor dan pengikis.
Mesin
sortir/penilai dapat menghasilkan permukaan dan permukaan ditundukkan
dengan panampang-lintang cambered untuk jalan. Dalam beberapa
negara-negara [yang] mereka *apakah digunakan untuk menghasilkan parit
saluran air dengan panampang-lintang [yang] V-Shaped [dangkal/picik]
sebelah menyebelah jalan raya.
Mesin
sortir/penilai *apakah biasanya digunakan di (dalam) pemeliharaan dan
konstruksi jalan kerikil dan jalan kotoran. Di (dalam) konstruksi
[dari;ttg] jalan diaspal [yang] mereka *apakah digunakan untuk siap[kan
kursus dasar untuk menciptakan suatu permukaan datar lebar/luas untuk
aspal untuk ditempatkan terpasang. Mesin sortir/penilai adalah juga
digunakan untuk menetapkan yayasan/pondasi lahan asli mengisi untuk
menyelesaikan nilai/kelas sebelum konstruksi [dari;ttg] bangunan besar.
Dalam
beberapa tempat terjadi peristiwa seperti Arah utara Eropa, Canada dan
tempat di (dalam) Amerika Serikat, mesin sortir/penilai adalah sering
digunakan di (dalam) kotapraja dan pengemasan-salju kediaman. Di
(dalam) scrubland dan padang rumput area Australia Austria dan Afrika,
mesin sortir/penilai adalah sering suatu potongan peralatan [yang]
penting pada [atas] peternakan, perkebunan dan kebun besar untuk
membuat jalur lomba bertabur arang [di mana/jika] ketidakhadiran batu
karang dan pohon [alat/ makna] traktor tidaklah*janganlah diperlukan.
Suatu inovasi terakhir adalah kelengkapan mesin sortir/penilai dengan
GPS teknologi, seperti dihasilkan oleh Topcon Memposisikan
Sistem, Inc., Trimble Ilmu pelayaran, atau Mikrofyn [ www.mikrofyn.com]
untuk/karena nilai/kelas [yang] tepat mengendalikan dan ( berpotensi) ”
tanpa pancang” konstruksi.
Kapasitas terbentang dari suatu mata pisau lebar 2.50 [bagi/kepada] 7.30 m dan mesin/motor dari 93–373 kW ( 125–500 hp).
Pendidikan
Nasional
Asosiasi Alat berat Pelatihan Sekolah ( NAHETS), yang dibentuk/mapan
2002, mesin sortir/penilai pelatihan sekolah dan kurikulum penggunaan
sebagai metoda untuk menguji dan melatih para pemakai di (dalam)
kemampuan mesin sortir/penilai penggunaan.
c) Wheel tractor-scraper
Military Scraper
A Caterpillar towed scraper parked up
Di
(dalam) tehnik sipil, suatu roda/kemudi tractor-scraper adalah suatu
potongan alat berat menggunakan untuk earthmoving. pantat [Part;Bagian]
mempunyai suatu corong tuang [yang] bisa pindah;gerakkan ( juga
mengenal sebagai mangkuk/pasu) dengan suatu medan [yang] horisontal
tajam/jelas membingkai. Corong tuang dapat hydraulically diturunkan dan
diangkat. Ketika corong tuang diturunkan, tepi medan menyela tanah liat
atau lahan seperti suatu alat pengiris keju dan mengisi corong tuang
[itu]. Ketika corong tuang penuh ( 8 [bagi/kepada] 34 m³ ( 10
[bagi/kepada] 45 yd³) ditumpuk, tergantung pada jenis) [itu] diangkat,
dan setuju/ berhadapan muka suatu mata pisau vertikal ( yang dikenal
sebagai celemek). Pengikis dapat mengangkut beban nya kepada [kerikil
isian] area [di mana/jika] mata pisau diangkat, panel punggung
[menyangkut] corong tuang, atau ejector, *apakah hydraulically didorong
maju dan tanah liat beban atau lahan terguling ke luar. Kemudian
pengikis yang kosong kembali ke lokasi yang memotong dan mengulangi
siklus [itu].
Pengikis
dapat [yang] sangat efisien pada [atas] hasil tangkapan pendek/singkat
[di mana/jika] yang memotong dan [kerikil isian] area adalah dekat
bersama-sama dan mempunyai panjangnya cukup untuk mengisi corong tuang
[itu]. jenis pengikis Yang lebih berat mempunyai dua mesin/motor (‘
bertenaga mesin tandem’), orang mengemudi roda/kemudi medan, orang
mengemudi roda belakang, dengan mesin/motor yang atas [bagi/kepada] 400
kW ( 550 daya kuda).
Diri mendorong pengikis *apakah ditemukan oleh R. G. Letourneau di (dalam) 1930s.[1]
Dua pengikis dapat bekerja sama di (dalam) suatu push-pull pertunjukan tetapi ini memerlukan suatu merindukan area memotong
B. Alat Penggali
a) Excavator
Exavator
adalah peralatan serba guna, dapat digunakan untuk pemindah, memuat dan
menggali serta memotong tanah. Tugas utama dari excavator adalah untuk
menggali (excavation).
Kegunaan excavator pada pekerjaan peningkatan jalan ini adalah :
- Memuat batuan ke dalam dump truck dari penambangan (quarry).
- Memuat drainase pada kiri kanan jalan.
- Membongkar gundukan tanah bukit yang akan dibuat jalan.
- Membantu memuat tanah ke dalam mobil.
Excavator yang dipakai pada proyek ini adalah jenis Backhoe. Pada excavator dapat dipasang alat-alat perlengkapan lain seperti :
- Dragline
- Clamshell
- Backhoe, Crane, Face shovel
Sedang jenis excavator menurut track shoenya dibedakan :
- excavator dengan roda ban
- excavator dengan roda kelabang
Dalam operasionalnya peralatan ini terdiri empat bagian :
- Mengisi bucket (land bucket)
- Mengayun (swing loaded)
- Membongkar beban (dump bucket)
- Mengayun balik (swing empty)
Keempat gerakan tersebut akan menentukan waktu siklus.
Excavator
adalah suatu sarana (angkut) rancang-bangun terdiri dari suatu lengan
tangan dilafalkan ( mengaum, mecucuk/lekat/julurkan), taxi dan ember
menjulang pada [atas] suatu poros ( suatu platform yang berputar,
[seperti;suka] suatu Susan Malas) ke puncak suatu bagian bawah(plane)
dengan roda/kemudi atau taksiran. Disain mereka adalah suatu kemajuan
alami dari mesin keruk [itu].
Pemakaian
Penggali
[yang] merobohkan suatu rumah. Catat[lah ibu jari yang hidrolik
Penggali *apakah digunakan di (dalam) banyak orang jalan:
•
Menggali parit, lubang, dasar• Material [yang] menangani• Sikat yang
memotong dengan pemasangan hidrolik• Perobohan• Grading/Landscaping
umum• berat/lebat Angkat, e.g. mengangkat[lah dan penempatan pipa•
Pekerjaan tambang, terutama, tetapi tidak hanya open-pit [yang]
menambang• Sungai [yang] mengeruk• Mengemudi bawasir, bersama dengan
suatu Mesin lantak/pemancang beton Meskipun [demikian] banyak
perusahaan menghasilkan penggali Hidrolik hari ini. Komatsu adalah
produsen puncak [dari;ttg] penggali Hidrolik Dunia [yang] lebar/luas,
untuk/karena semuanya model kompetitif ada tiga Komatsu Penggali Bentuk
wujud Penggali masuk suatu ukuran yang luas . Beberapa
yang lebih kecil *apakah [disebut/dipanggil] suatu mini-excavator atau
penggali ringkas. Satu model pabrik paling besar menimbang 84,980 kg (
187,360 lb) dan mempunyai suatu ukuran ember maksimum 4.5 m³ ( 5.9
yd³). mini-excavator pabrik paling kecil Yang sama menimbang 1470 kg (
3240 lb), mempunyai suatu ukuran ember maksimum 0.036 m³ ( 0.048 yd³)
dan lebar tentang taksiran nya dapat
disesuaikan untuk 89 cm ( 35 inci). [Perusahaan/ rombongan] lain
membuat suatu penggali mini yang akan cocok melalui suatu pintu
masuk/keluar dengan taksiran yang dapat disesuaikan ke hanya 70 cm ( 28
inci) lebar/luas.
Penggali
Pemasangan Di tahun terakhir, kemampuan penggali hidrolik
sudah*sudahkah memperluas jauh di luar tugas penggalian dengan ember.
Dengan kedatangan [dari;ttg] pemasangan bertenaga mesin hidrolik
seperti suatu perusak/interuptor, suatu bergulat atau suatu gurdi
tangan, penggali sering digunakan di (dalam) banyak orang aplikasi
selain dari penggalian. Banyak penggali menonjolkan quick-attach yang
memasang sistem untuk pemasangan [yang] disederhanakan [yang] memasang,
secara dramatis meningkat(kan) pemanfaatan mesin pada [atas] jobsite
[itu]. Penggali *apakah pada umumnya dipekerjakan bersama-sama dengan
traktor dan pemuat. versi [yang] paling Wheeled, dan penggali lebih
kecil, ringkas mempunyai suatu backfill kecil ( atau dozer-) mata
pisau. Ini adalah suatu mata pisau [yang] seperti traktor horisontal
berkait dengan yang bagian bawah(plane) dan digunakan untuk mendorong
material dipindahkan kembali ke suatu lubang. Sebelum 1990s, semua
penggali mempunyai suatu cara bergantung (di) atas, atau ”
konvensional” serangan balasan yang menggantung batal/mulai pantat
[menyangkut] mesin untuk menyediakan lebih menggali kekuatan dan
kapasitas pengangkatan. Ini menjadi suatu gangguan di (dalam) area
putaran ketat- mesin tidak bisa mengayun yang kedua separuh tentang siklus nya dalam
kaitan dengan radius putaran terbatas. [Yang] pada awal 1990s Komatsu
Biro-Insinyur meluncurkan suatu garis penggali konsep baru yang
menghapuskan ” yang konvensional” serangan balasan disain, dan demikian
yang dimulai membangun ekor [yang] ketat pertama dunia mengayun
penggali ( PC128.PC138,PC228,PC308). Mesin ini kini secara luas
digunakan meskipun [demikian] ke luar dunia [itu].
An excavator with sheep’s foot compactor attachment | Excavator with a hydraulic thumb attachment | Another pincer-like attachment | And excavator with a hammer attachment in a rock quarry |
Excavator
adalah juga [disebut/dipanggil] penggali dan 360-degree penggali,
kadang-kadang menyingkat hanya [bagi/kepada] suatu 360. Penggali
Tracked *apakah kadang-kadang [disebut/dipanggil] trackhoes oleh
analogi kepada backhoe [itu]. Sungguhpun ‘ punggung’ di (dalam) backhoe
mengacu pada tindakan [menyangkut] ember ( yang menarik ” punggung” ke
arah mesin) dan bukan penempatan [menyangkut] sekop, penggali adalah
juga adakalanya dikenal sebagai fronthoes atau bahkan adil ”
mencangkul”.
Di
(dalam) Jepang, alias Yumbo(??? Yunbo?) jadilah lebih populer dibanding
mengenai asosiasi nama. Perancis [Perusahaan/ rombongan] SICAM
memproduksi penggali dan memperagakan Yumbo S25 setelah hak paten
memperoleh dari Italia di (dalam) 1954. SICAM teknologi diizinkan
[bagi/kepada] banyak negara-negara, seperti Drott di (dalam) Amerika
Serikat, Priestman di (dalam) UK, Mitsubishi di (dalam) Jepang dan lain
negara-negara dari awal 1960s.[1] Penggali pertama dari Mitsubishi
*apakah dinamai Yumbo Y35 di (dalam) mengarahkan internasional menjual
di (dalam) 1961. Yumbo tengah menjadi nama populer dan tidak facto
standard antar Jepang melalui/sampai Golongkan iklan, [yang] tidak
penamaan formal meskipun [demikian].
Pendidikan [Adalah] Nasional
Asosiasi Alat berat Pelatihan Sekolah ( NAHETS), yang dibentuk/mapan
2002, kurikulum dan sekolah pelatihan penggali penggunaan sebagai
metoda untuk menguji dan melatih para pemakai di (dalam) kemampuan
penggunaan penggali.
Penggalian teknologi Mars Penjelajah
NASA’S
Phoenix Mars Lander’S panel matahari dan lander’s Lengan tangan Robotic
dengan suatu contoh di (dalam) sekop ( Juni 10, 2008)
Phoenix
Kendaraan angkasa mempunyai suatu lengan tangan penggalian robotic,
mengawasi dengan suatu diatas kapal sistem komputer dan/atau oleh pusat
perintah yang terestrial, dilengkapi dengan suatu ember, latihan,
kamera dan sensor khusus. Oleh karena kondisi-kondisi Mars [yang]
climatic yang ekstrim ada beberapa permasalahan yang kegagalan
pemakaian dengan Milik phoenix ” penggali”.
John Deere excavator 330C. | Mini digger by Kubota | Caterpillar excavator. | Older American 35A in Borrow pit |
Brand new excavator in Brittany (France). | Link-Belt 210X2 excavator |
|
|
Suatu
backhoe, juga disebut seorang aktor pantat atau aktor punggung, adalah
suatu potongan peralatan penggalian terdiri dari suatu ember yang
menggali pada ujung suatu two-part melafalkan lengan tangan. Mereka
*apakah secara khas menjulang pada punggung suatu traktor atau pemuat
medan. Bagian [menyangkut] lengan tangan terdekat ke sarana (angkut)
dikenal sebagai kenaikan harga tiba-tiba, dan yang bagian membawa ember
dikenal sebagai dipper atau dipperstick. Kenaikan harga tiba-tiba
terikat kasih sayang dengan sarana (angkut) melalui suatu poros
mengenal sebagai kingpost, yang mengijinkan lengan tangan untuk yang
membunuh ditinggalkan dan [hak/ kebenaran], [yang] pada umumnya melalui
suatu total di sekitar 200 derajat tingkat. modern Backhoes adalah
bertenaga mesin oleh ilmu hidrolik.
Kebanyakan
backhoes ada di [yang] paling kuat mereka mengeriting ember, dengan
dipperstick yang berikutnya [yang] paling kuat, dan mengaum pergerakan
[adalah] paling sedikit kuat.
Pemasangan
serupa untuk meluncur pemuat masih [disebut/dipanggil] backhoes
sungguhpun mereka *apakah menjulang pada [atas] medan [itu]. Ini adalah
sebab nama mengacu pada tindakan [menyangkut] sekop, [yang] bukan
penempatan nya pada [atas] sarana (angkut): suatu backhoe penginapan
[oleh/dengan] gambar bumi memutar kembali, dibanding/bukannya
mengangkat ia/nya dengan suatu pemain depan mengisyaratkan seperti
suatu traktor.
Suatu
backhoe pemuat adalah suatu sarana (angkut) seperti traktor dengan
suatu lengan tangan dan ember menjulang pada [atas] punggung dan suatu
pemuat medan menjulang pada [atas] medan [itu]. Sarana (angkut) jenis
ini adalah sering mengenal secara berolok-olok sebagai JCB
di (dalam) Eropa dan hanya suatu Backhoe atau suatu Traktor Pemuat
Backhoe, atau TLB, di (dalam) Amerika Utara. Di (dalam) Amerika Utara
Terminologi, suatu Backhoe meliputi kedua-duanya suatu ember medan dan
suatu cangkul pantat, pada [atas] suatu chasis [yang] mula-mula
memperoleh dari traktor kebun. Suatu cangkul dipersembahkan pada [atas]
chasis sendiri jadilah lebih dengan baik dikenal sebagai suatu penggali.
Backhoes
dapat dirancang dan dihasilkan dari start sedemikian, atau dapat hasil
suatu traktor kebun yang dilengkapi dengan suatu Pemuat Awal dan akhir
( FEL) dan cangkul pantat. Meskipun [demikian] pemandangan serupa, yang
dirancang backhoes adalah banyak lebih kuat, dengan variasi kebun yang
lebih [yang] pantas untuk [cahaya/ ringan] bekerja.
Dengan
kedatangan [dari;ttg] pemasangan bertenaga mesin hidrolik seperti suatu
tiltrotator, perusak/interuptor, suatu bergulat atau suatu gurdi
tangan, backhoe sering digunakan di (dalam) banyak orang aplikasi
selain dari penggalian dan dengan tiltrotator pemasangan, [yang]
benar-benar bertindak sebagai suatu pengangkut alat efektif. Banyak
backhoes menonjolkan quick-attach yang memasang sistem untuk pemasangan
[yang] disederhanakan [yang] memasang, secara dramatis meningkat(kan)
pemanfaatan mesin pada [atas] jobsite [itu]. Backhoes *apakah pada
umumnya dipekerjakan bersama-sama dengan traktor dan pemuat. Penggali
yang menggunakan suatu backhoe *apakah kadang-kadang
[disebut/dipanggil] ” trackhoes” dengan orang-orang [siapa] yang tidak
[merealisir/sadari] nama adalah dalam kaitan dengan tindakan
[menyangkut] ember, [yang] bukan penempatan nya pada [atas] suatu
backhoe pemuat.
Backhoes
adalah perkakas tujuan umum, dan sedang dipindahkan sampai taraf
tertentu oleh berbagai perkakas spesialis seperti penggali dan Pemuat
Awal dan akhir yang khusus, [yang] terutama dengan kenaikan
[menyangkut] mini-excavator [itu]. Pada [atas] banyak orang jobsites
yang pasti telah sebelumnya melihat suatu backhoe menggunakan, suatu
skidsteer ( secara berolok-olok sering [memanggil/hubungi] suatu Macan
bobcat setelah pencipta dan pabrikan [yang] yang paling terkenal
[menyangkut] kategori) dan suatu penggali mini akan digunakan di
(dalam) kata penghubung untuk mengisi [itu] backhoes peran. Backhoes
keheningan adalah di dalam penggunaan umum , bagaimanapun.
[perusahaan/
rombongan] Yang Britania JCB mengembang;kan [itu] awal cangkul. traktor
[yang] Pertama mereka kedua-duanya dilengkapi dengan suatu cangkul dan
suatu medan yang menjulang ember pemuatan *apakah diselesaikan di
(dalam) 1953 dan menetapkan pola teladan standard untuk masa depan
perancangan pemuat cangkul. Oleh karena lama dominasi oleh marque ini
di (dalam) Kerajuan Bntania I dan Irlandia, [itu] telah*adakah menjadi
suatu merek dagang genericized [di/ke] sana, dan semua penggali
backhoe-equipped *apakah biasanya [disebut/dipanggil] JCBS,
[selagi/sedang] istilah ” cangkul” *apakah hampir tidak mengenal
kalayak ramai [itu]. Pendiri [menyangkut] JCB [perusahaan/ rombongan]
[memegang/menjaga] penghormatan menjadi;disebut satu-satunya tidak Amerika di (dalam) konstruksi AS Hall/Aula ketenaran industri.
Backhoe memudar
Backhoe
memudar atau JCB memudar adalah suatu istilah lucu yang coined oleh
industri telekomunikasi, mengacu pada pemotongan [yang] yang kebetulan
suatu kabel/telegram oleh suatu backhoe atau konstruksi serupa
activity.[1]
Istilah
datang dari hilangnya [yang] pada awalnya tak dapat dijelaskan dan yang
mendadak isyarat (” memudar”) yang berpengalaman ketika suatu
kabel/telegram secara kebetulan kaan dan dirusakkan. Gantung[lah pada
kabel/telegram yang tertentu membinasakan, [jasa;layanan] mungkin
(adalah) disela untuk hanya beberapa pelanggan atau, untuk/karena suatu
serabut [yang] besar kabel/telegram berhubung dengan mata, berjuta-juta
pelanggan ke seberang suatu keseluruhan benua.
c) Dragline
Dragline penggali Dari Wikipedia, encyclopedia yang cuma-cuma ( yang mengalihkan jurusan Dari jejeran barang Penggali)
Lompat
untuk: ilmu pelayaran, pencarian Dragline penggalian sistem adalah alat
berat digunakan di (dalam) tehnik sipil dan permukaan [yang] menambang.
Di (dalam) tehnik sipil [adalah] jenis yang lebih kecil
*apakah digunakan untuk konstruksi pelabuhan dan jalan. jenis Yang
lebih besar *apakah digunakan di (dalam) operasi yang strip-mining
untuk pindah;gerakkan permukaan tanah yang dibuang di atas batubara,
dan untuk tar-sand [yang] menambang. Draglines adalah di antara
peralatan gesit yang paling besar ( [yang] tidak diangkut dengan
kapal), dan menimbang sekitar, hampiran 2000 ton metrik, meskipun
[demikian] spesimen [yang] menimbang [bagi/kepada] 13,000 ton metrik
telah pula dibangun.
Suatu
dragline ember sistem terdiri dari suatu ember besar [yang] yang mana
[adalah] dipenjarakan dari suatu kenaikan harga tiba-tiba ( suatu
struktur seperti mengikat besar) dengan tali kawat. Ember diarahkan
atas pertolongan sejumlah tali temali dan rantai. pengungkit Tali,
bertenaga mesin oleh motor elektrik atau diesel besar, mendukung ember
dan hoist-coupler perakitan dari kenaikan harga tiba-tiba [itu].
Dragrope digunakan untuk seri perakitan ember [yang] secara horisontal.
Dengan manuver [yang] mahir [menyangkut] pengungkit dan dragropes ember
dikendalikan untuk berbagai operasi. Suatu menurut bagan untuk suatu
dragline ember sistem besar ditunjukkan di bawah.
Sejarah
[Adalah] dragline *apakah ditemukan di (dalam) 1904 oleh Yohanes W.
Halaman Halaman Terikat kontrak Schnable untuk penggunaan menggali
Chicago Saluran. Di (dalam) 1912 [itu] menjadi Halaman Biro-Insinyur,
dan suatu mekanisme berjalan *apakah dikembangkan beberapa tahun
kemudian, menyediakan draglines dengan mobilitas. Halaman juga
menemukan dragline ember yang dilengkungkan, suatu disain masih
biasanya menggunakan hari ini oleh draglines dari banyak orang lain
pabrikan, dan di (dalam) 1960s memelopori suatu disain ember tanpa
bangunan lengkung.
Di
(dalam) 1910 Bucyrus masuk dragline menjual dengan pembelian pabrikasi
[hak/cocok] untuk Heyworth-Newman dragline penggali. Mereka ” Kelas 14″
dragline *apakah diperkenalkan di 1911 [seperti;sebagai;ketika] perayap
yang pertama menjulang dragline. Di (dalam) 1912 Bucyrus membantu
pelopor [adalah] penggunaan listrik sebagai [kuasa/
tenaga] sumber untuk sekop pengulitan [yang] besar dan draglines yang
digunakan di (dalam) menambang.
Di
(dalam) 1914 Harnischfeger Korporasi, ( yang dibentuk/mapan seperti PH
Menambang di (dalam) 1884 oleh Alonzo Pawl dan Henry Harnischfeger),
yang diperkenalkan bensin [yang] pertama dunia dragline engine-powered.
Suatu [perusahaan/ rombongan] Italia, Fiorentini, memproduksi dragline
penggali dari 1919 diizinkan oleh Bucyrus.
Di
(dalam) 1939 Marion Mesin keruk Mengeruk [Perusahaan/ rombongan] ( yang
didirikan 1880) yang dibangun [yang] pertama nya berjalan dragline.
[Perusahaan/ rombongan] meng/berubah nama nya kepada Marion
Menggerakkan Sekop [Perusahaan/ rombongan] di (dalam) 1946 dan *apakah
diperoleh oleh Bucyrus di (dalam) 1997. Di (dalam) 1988 Halaman *apakah
diperoleh oleh Harnischfeger Co., pembuat [menyangkut] PH garis sekop,
draglines, dan keran.
Operasi
Di
(dalam) suatu siklus penggalian khas, ember diposisikan di atas
material untuk digali. Ember kemudian adalah menurunkan dan dragrope
kemudian adalah menggambar/menarik sedemikian sehingga ember diseret
sepanjang permukaan [menyangkut] material [itu]. Ember kemudian adalah
yang diangkat dengan penggunaan tali pengungkit. Suatu
operasi ayunan kemudian adalah melakukan untuk pindah;gerakkan ember
kepada tempat di mana [adalah] material (diharapkan) untuk
dibuang. Dragrope kemudian adalah yang dilepaskan menyebabkan ember
untuk memiringkan dan kosong. Ini adalah [disebut/dipanggil] suatu
tempat sampah operasi.
Ember
dapat juga jadilah ‘ yang dilemparkan’ [oleh/dengan] memutar kepada
layar topang dan kemudian melepaskan suatu menangkap pada [atas] [itu]
menyeret kabel/telegram. Ini akan kemudian mengayun ember seperti suatu
bandul. Sekali ketika ember yang yang telah [lulus/lewat] yang
vertikal, kabel/telegram pengungkit akan dilepaskan [dengan] begitu
melemparkan ember [itu]. Pada [atas] lebih kecil draglines, suatu
operator trampil bisa membuat daratan ember tentang one-half panjang
layar topang lebih lanjut pergi dibanding jika [itu] baru
saja yang [diteteskan/terjatuh]. Pada [atas] lebih besar draglines,
hanya sedikit meter ekstra mungkin (adalah) dicapai.
Draglines
mempunyai urutan memotong berbeda. Yang pertama adalah sisi melempar
metoda yang menggunakan bangku offset; ini melibatkan melemparkan
permukaan tanah yang dibuang menyamping ke material diledakkan untuk
membuat suatu bangku. Yang kedua adalah suatu kunci lewat. Pass ini
memotong suatu kunci di jari kaki [menyangkut] highwall yang baru dan
juga bergeser bangku lebih lanjut ke arah low-wall [itu].
Ini boleh juga memerlukan suatu cap/penukaran lewat jika dinding adalah
blocky. Suatu pass cap/penukaran melibatkan ember yang sedang berlayar
menuju ke hilir ke suatu highwall bersudut untuk mengelupas permukaan
[itu]. urutan Yang berikutnya adalah operasi yang paling lambat, blok
lewat. Bagaimanapun, pass ini pindah;gerakkan kebanyakan dari material
[itu]. [Itu] melibatkan menggunakan kunci untuk mengakses ke
alas/pantat [menyangkut] material untuk mengangkat ia/nya
untuk merusak atau [bagi/kepada] suatu bangku diangkat mengukur. Yang
akhir memotong jika diperlukan adalah suatu tarikan kembali, menarik
material kembali sebagai kelanjutan low-wall sisi.
Dragline Tambang
Dragline
di Curragh Tambang batu bara [Adalah] suatu dragline sistem besar
digunakan di (dalam) lubang (galian) kecil industri tambang biaya-biaya
yang terbuka [yang] kira-kira US$50-100 juta. Suatu ember khas
mempunyai suatu volume berkisar antara 30 [bagi/kepada] 60 meter
berbentuk kubus, meskipun [demikian] ember sangat besar sudah*sudahkah
bergerak atas [bagi/kepada] 168 metres.[1 berbentuk kubus] Panjang
kenaikan harga tiba-tiba terbentang dari 45 [bagi/kepada] 100 meter. Di
(dalam) siklus tunggal [itu] dapat bergerak naik ke [bagi/kepada] 450
ton material metrik.
Kebanyakan
pekerjaan tambang draglines tidaklah*janganlah diesel-powered seperti
kebanyakan lain pekerjaan tambang peralatan. [kuasa/ tenaga] mereka
Konsumsi menjadi sangat besar yang mereka mempunyai suatu koneksi
langsung kepada tegangan tinggi panggangan pada voltase antar[a] 6.6
[bagi/kepada] 22 kV. Suatu dragline khas, dengan suatu 55 ember meter
berbentuk kubus, dapat menghabiskan [bagi/kepada] 6 megawatts selama
operasi menggali normal. Oleh karena ini, banyak ( [yang] diragukan
kebenarannya) cerita telah cerita tentang efek pekerjaan tambang [yang]
yang yang blackout-causing draglines. Sebagai contoh, ada suatu cerita
berumur panjang yang, kembali di (dalam) 1970s, jika semua sebanyak
tujuh Puncak Perluasan dari bukit yang rendah ( suatu tambang batu bara
sangat besar di (dalam) Queensland pusat, Australia Austria) draglines
memutar secara serempak, mereka akan memblokir semua dari Queensland
Utara.
Dalam semua hanyalah paling
kecil draglines, pergerakan terpenuhi oleh ” berjalan” penggunaan
ponton atau kaki, [sebagai/ketika/sebab] ulat bulu/traktor taksiran
menempatkan terlalu banyak tekanan ditempat itu, dan mempunyai
kesukaran besar di bawah berat/beban [yang] yang tak terukur
[menyangkut] dragline [itu]. Kecepatan maksimum hanya paling banyak
beberapa meter saban minute[2] [karena;sejak] kaki harus diposisikan
kembali untuk masing-masing melangkah. Jika bepergian jarak medium, (
sekitar 30-100 km), suatu dragline pengangkut khusus dapat dibawa masuk
untuk mengangkut dragline [itu]. Di atas jarak ini, [yang] disassembly
biasanya diperlukan. Tetapi menambang draglines dalam kaitan dengan
jangkauan mereka dapat bekerja yang area besar dari posisi dan tidak harus secara konstan berjalan terus wajah seperti mesin lebih kecil.
Pembatasan
[Adalah] pembatasan [yang] yang utama draglines adalah kenaikan harga
tiba-tiba tingginya mereka dan kenaikan harga tiba-tiba panjangnya,
yang membatasi [di mana/jika] dragline dapat membuang barang sisa
[itu]. pembatasan Utama lain adalah mereka menggali kedalaman, yang
mana [adalah] terbatas oleh panjang tali [adalah] dragline
dapat menggunakan. Yang tidak bisa dipisahkan dengan konstruksi mereka,
suatu dragline adalah material penggalian [yang] paling efisien di
bawah tingkatan [dari;ttg] dasar mereka. [Selagi/Sedang] suatu dragline
dapat menggali di atas [dirinya] sendiri, [itu] mengerjakan sangat
secara tidak efisien dan tidaklah*janganlah pantas untuk
[mengisi/memuat] material ditimbun ( seperti suatu sekop tali dapat).
Di
samping pembatasan mereka, dan biaya [modal/ibukota] [yang] tinggi
mereka, draglines tinggal populer di antara banyak orang
tambang/ranjau/aku, dalam kaitan dengan keandalan mereka, dan barang
sisa kepindahan sangat rendah berharga.
Contoh
Mekanisme Yang yang berjalan pada [atas] suatu Bucyrus-Erie dipelihara 1150 dragline di (dalam) UK
Penambangan
batubara [itu] Dragline mengenal sebagai Muskie Besar, memiliki dengan
Ohio Yang pusat Batubara [Perusahaan/ rombongan] ( suatu divisi
[dari;ttg] Tenaga listrik Amerika), adalah mesin earth-moving gesit
paling besar dunia, dengan berat [yang] hampir 13,000 metric ton dan
kedudukan [yang] hampir 22 cerita tall.[2] [Itu] yang dioperasikan di
(dalam) Guernsey Daerah/Propinsi, di (dalam) [itu] U.S. status Ohio
dari 1969 [bagi/kepada] 1991, dan adalah bertenaga mesin oleh 13,800
volt listrik. [Itu] *apakah bertarung di (dalam) 1999.[3]
Perusahaan
Ransom Yang Britania& Pedang tipis dan tajam memproduksi beberapa
besar ( 1400-1800 ton) penggali, yang paling besar di (dalam) Eropa
pada ketika ( 1960s). [Kuasa/ tenaga] adalah dari mesin pembakaran bag.
dalam yang mengemudi pembangkit elektrik. Satu, nama SUNDEW, digunakan
di (dalam) suatu penggalian dari 1957 [bagi/kepada] 1974. Setelah masa
kerja nya di lokasi yang pertama di (dalam) Rutland selesai [itu]
berjalan 13 miles [bagi/kepada] suatu hidup baru pada Corby; cara
berjalan mengambil 9 minggu.
Lebih
kecil Draglines adalah juga biasanya digunakan [sebelum/di depan]
penggali hidrolik datang ke dalam penggunaan umum, yang lebih kecil
draglines kini jarang digunakan selain dari pada [atas] lubang (galian)
kecil kerikil dan sungai bekerja. mesin Yang kecil [menjadi/dari] suatu
mekanik [memandu/ mengemudi/ usir] dengan menangkap. Perusahaan seperti
Ruston dan Bucyrus buat model seperti RB10 yang adalah populer untuk
pengeringan dan pekerjaan bangunan [yang] kecil bekerja. Beberapa
kaleng ini tetap melihat di Bahasa Inggris Tanah rawa yang rendah
Cambridgeshire, Lincolnshire dan bagian-bagian dari Norfolk. Ruston’s
Adalah suatu [perusahaan/ rombongan] juga berhubungan dengan
pengeringan yang memompa mesin/motor. penggerakan elektris Sistem
*apakah hanya digunakan pada [atas] pekerjaan tambang mesin yang lebih
besar, mesin [yang] paling modern menggunakan suatu pengarah
diesel-hydraulic, [sebagai/ketika/sebab] mesin *apakah jarang di
(dalam) satu penempatan yang cukup panjang untuk membenarkan biaya
ongkos penerapan suatu cabang stasiun dan kabel persediaan.
Kemajuan
teknologi Draglines, tidak sama dengan kebanyakan peralatan digunakan
di (dalam) yang earth-moving, sudah*sudahkah tinggal secara relatif
tanpa perubahan di (dalam) sistem kontrol dan disain untuk hampir 100
tahun. (Di) atas sedikit tahun [yang lalu/ terakhir] , beberapa
kemajuan dalam dragline sistem dan metodologi sudah*sudahkah terjadi.
Otomasi
Peneliti pada CSIRO di (dalam) Australia Austria mempunyai suatu riset
jangka panjang merancang ke dalam mengotomatiskan draglines dan
sudah*sudahkah mengangsur 250,000 ton permukaan tanah yang dibuang di
bawah kendali komputer.
Simulasi
Perangkat lunak [Karena;Sejak] draglines *apakah secara khas besar,
mempersulit dan sangat mahal, pelatihan operator baru bisa merupakan
suatu proses licik. Dengan cara yang sama simulator penerbangan itu
sudah*sudahkah mengembang;kan untuk melatih pilot, menambang perangkat
lunak simulator telah dikembangkan untuk membantu operator baru di
(dalam) pelajaran bagaimana cara mengendalikan mesin [itu].
UDD
UDD
mewakili Universal-Dig-Dump. [Itu] menghadirkan pokok yang pertama
ber;ubah ke draglines untuk hampir suatu abad, [karena;sejak] penemuan
‘ keajaiban menyentakkan’. Sebagai ganti penggunaan dua tali temali (
pengungkit menjerat dan menyeret tali) untuk menggerakkan ember, suatu
UDD mesin menggunakan tiga tali temali, dua pengungkit dan orang
menyeret. Ini mengijinkan dragline operator untuk mempunyai kepandaian
memilih jauh lebih besar di (dalam) ketika untuk mengambil ember, dan
di (dalam) bagaimana ember mungkin (adalah) dibuang. UDD mesin [yang]
biasanya mempunyai produktivitas lebih tinggi dibanding suatu standard
dragline, tetapi sering mempunyai isu mekanik lebih besar. Di dalam
industri tambang, ada keheningan banyak debat seperti pada UDD
peningkatan membenarkan biaya-biaya mereka.
C. Alat Pengangkut
Jenis Peralatan pengangkut terdiri dari antara lain :
- Dump Truck
- Dump Wagon
- Trailer
Dari
beberapa peralatan tersebut, hanya dump truck dn trailer saja yang
digunakan pada pekerjaan peningkatan jalan, sedangkan dump wagon dan
scraver tidak digunakan.
a) Dump Truck
Penggunaan
Dump Truck pada proyek ini ditujukan untuk mengangkut material-material
dari quarry (tempat pengambilan batu/material). Ke tempat dimana proyek
sedang dilaksanakan pekerjaannya, serta kadang-kadang juga digunakan
untuk mengankut bahan/peralatan lain yang bersifat menunjang
pelaksanaan pekerjaan. Keistimewaan dari Dump Truck adalah dimana
muatan yang terdapat didalamnya ditumpahkan sendiri tanpa bantuan
peralatan lainnya.
Berdasarkan cara penumpahannya, Dump Truck dibagi menjadi :
- Penumpahan ke belakang (rear dump truck)
- Penumpahan ke samping (side dump truck)
- Penumpahan ke belakang ke samping
Dalam menentukan daya muat dump truck yaitu :
- Berdasarkan muatan (ton)
- Berdasarkan isi pers (rata) badannya (m3)
- Berdasarkan isi munjung (penuh) (m3)
Kadang
daya muat dapat diperbesar dengan menambah tinggi dinding badan truck,
hal ini harus dihindari karena berakibat akan mempertinggi biaya
exploitasi truck itu berupa :
- Penambahan pemakaian bahan baker
- Ban lebih cepat aus
- Bagian penting dari mesin lebih cepat rusak
- Bantalan (Bearings), roda gigi (gears) dan kopling juga lebih cepat rusak.
Dalam
memilih ukuran truck untuk bekerja hendaknya disesuaikan dengan jumlah
bahan/muatan yang akan diangkut, hal ini meyangkut pula jumlah truck
yang akan dipilih. Untuk membandingkan keuntungan dan kerugian besar
kecilnya truck yang digunakan, perlu diketahui data-data sebagai
berikut :
- Lebih mudah dikemudikan dan lebih flexible dalam angkutan jarak dekat.
- Kecepatan lebih tinggi
- Lebih mudah menyesuaikan banyaknya truck dengan kemampuan excavator dan dengan demikian mempertinggi operating factor.
- Excavator lebih sukar memuatnya.
- Waktu yang hilang lebih banyak karena banyaknya truck yang digunakan.
- Berkurangnya produksi tidak begitu terasa bila salah satu truck dari kesatuan angkutan mengalami kerusakan.
Truck Besar
Keuntungan dari truck ini adalah :
- Lebih sedikit dipergunakan, dengan demikian memperkecil biaya investasi dan biaya maintenance.
- Pengemudi lebih sedikit dipergunakan.
- Baik untuk angkutan jarak jauh.
- Peralatan yang menumpuk/terkumpul disatu tempat dapat diatasi.
- Lebih mudah dimuat, waktu yang terbuang lebih sedikit.
Kerugiannya :
- Ongkos produksi lebih besar
- Dapat merusak jalan
- Pembatasan lalu lintas jalan umum (bebas jalan)
Daya
muat excavator berkisar antara 0,20-0,25 x daya muat Truck. Penempatan
truck dengan tepat dalam posisi untuk dimuat penting sekali artinya,
hendaknya diusahakan agar swing dari shovel supaya dapat dimuat pada
seluruh panjang badan truck atau ditempat searah dengan swing dari
shouvel dan permukaan diatur dengan swing.
Bila untuk membuang muatan, dimulai denngan menempatkan truck pada kedudukan yang baik.
Bagi
real dump truck akan berarti harus mundur kearah tempat pembuangan
sehingga jarak antar tempat pembuangan dengan roda belakang menjadi
sedekat mungkin.
Untuk side Dump Truck, agar mudah karena tempat pembuangan dapat dilihat oleh pengemudi.
Penggunaan
Dump Truck pada proyek, cukup dominant dalam menunjang pelaksanaan
pekerjaan, ini terlihat dalam operasionalnya dump truck antara lain :
- Pengankutan batuan dari tempat quarry ketempat pabrik untuk diolah menjadi krikil dan agregat.
- Mengankut tanah buangan hasil galian excavator.
- Mengankut tanah untuk timbunan badan jalan.
- Mengangkut agregat untuk lapisan jalan
- Mengangkut aspal hot mix ketempat lokasi pekerjaan.
- Mengangkut material dan bahan lainnya.
b). Trailer
Peralatan-peralatan
yang dipakai untuk pekerjaan konstruksi pada umumnya bukan didesain
untuk berjalan sendiri di jalan-jalan dengan mesing penggeraknya
(terutama untuk jarak jauh).
Oleh
karena itu untuk memindahkan peralatan-peralatan tersebut dari medan
kerja yang satu kemedan kerja lain, diperlukan peralatan pengankut
trailer.
Trailer secara garis besar dapat dibedakan menjadi dua jenis yaitu :
- Semi Trailer (dengan bentang tarik kaku)
- Full Trailer (dengan perlengkapan tarik khusus)
Setiap Trailer harus mempunyai bak pengangkut yang cukup kuat dan lebar bagi peralatan yang akan diangkut.
Selain itu harus dilengkapi alat-alat untuk memuat dan lebar bagi peralatan yang akan diangkut.
Selain itu harus dilengkapi alat-alat untuk memuat dan menurunkan peralatan dengan cara yang aman.
Dikarenakan
pengankutan kadang-kadang melalui jalan tanjakan, turunan,
daerah-daerah yang berbahaya, maka tenaga penggeraknya/Truck Tracktor
harus cukup bertenaga dan dilengkapi dengan perlengkapan-perlangkapan
yang diperlukan seperti : klem, pagar, rantai, dan sebagainya.
Pekerjaan
yang paling sulit yang berhubungan dengan peralatan pengankutan ini
adalah pada saat menaikan dan menurunkan beban/ peralatan yang
diangkut, untuk itu dibutuhkan tenaga yang berpengalaman dan terampil,
sehingga keamanan bagi peralatan, manusiannya dan keamanan waktu
berjalan lebih terjamin.
Pengankutan
peralatan dengan trailer menjadi suatu keharusan pada suatu proyek yang
mempunyai jarak yang cukup jauh, karena trailer mempunyai kemampuan
untuk itu, sehingga pelaksanaan pekerjaan yang menggunakan peralatan
berat akan dapat diselesaikan tepat waktu.
D. Alat Pemindah Material
a) Loader
Sesuai
dengan fungsinya, penggunaan loader terhadap pekerjaan penigkatan jalan
digunakan untuk memuat bahan-bahan material seperti agregat tanah
timbunan ke dalam dump truck yang akan membawa tanah tersebut dari
lokasi penggalian kepada lokasi timbunan.
Loader
dapat juga membawa sendiri material dari tempat yang satu ketempat yang
akan dibangun yang jaraknya dekat, jadi dalam hal ini loader merupakan
yang akan dibangun yang jaraknya dekat, jadi dalam hal ini loader
merupakan dua fungsi selain untuk mengisi dump truck juga dapat untuk
memindahkan material dalam jarak dekat.
Loader juga dikenal dengan dua jenis yaitu :
- Loader dengan penggeraknya crawler tractor (roda rantai)
- Loader dengan penggeraknya whell tractor
Ketinggian
dari basket loader antara 8-15 feet, sehingga cukup untuk memuat
material kedalam dump truck. Kapasitas muncung penuh dari basket antara
seperempat sampai 25 kubik yard, tapi yang banyak dipakai adalah ukuran
basket tersebut sampai dengan lima meter kubik. Untuk mengoperasikan
basket tersebut digunakan hydolight controlade.
Dalam
operasinya loader antara posisi pemuat dan posisi pengambil material
memerlukan jarak menufer, jika jarak sempit dan terbatas maka Crowler
Tractor lebih cocok digunakan,karena loader tipe ini dapat
berpindah-pindah dengan perlahan-lahan.
Penggunaan
loader yang lain adalah untuk menggali pondasi Base cement, dengan
catatan ruangnya memungkinkan untuk pekerjaan loader.
b) Crane
keran
adalah suatu pengangkatan mesin yang dilengkapi dengan suatu
penggulung, tali kawat atau rantai dan mengikat berkas bahwa dapat
digunakan kedua-duanya untuk mengangkat dan menurunkan material dan
untuk pindah;gerakkan [mereka/nya] secara horisontal. [Itu] menggunakan
satu atau lebih mesin sederhana untuk menciptakan keuntungan mekanik
dan [dengan] begitu pindah;gerakkan beban di luar kemampuan [yang] yang
normal suatu manusia. Keran *apakah biasanya dipekerjakan di (dalam)
industri pengangkutan untuk memuat dan pembongkaran muatan; di (dalam)
industri konstruksi untuk bergeraknya material; dan di (dalam) industri
pabrik untuk pengumpulan alat berat.
Ikhtisar
Pelabuhan
beban-keran Muatan pada [atas] suatu kapal di Mundra Pelabuhan di
(dalam) India.The keran pertama *apakah ditemukan oleh Yang masa lampau
Greeks dan adalah bertenaga mesin oleh manusia [laki-laki] atau
beasts-of-burden, seperti keledai. Keran ini *apakah digunakan untuk
konstruksi [dari;ttg] bangunan jangkung. Keran lebih besar adalah
dikembangkan kemudiannya, memanfaatkan penggunaan manusia treadwheels,
mengijinkan pengangkatan [dari;ttg] anak timbangan lebih berat. Di
(dalam) Abad Pertengahan Yang tinggi, pelabuhan bandar keran *apakah
diperkenalkan untuk [mengisi/memuat] dan membongkar kapal dan membantu
dengan konstruksi mereka– beberapa *apakah dibangun ke dalam menara
batu untuk stabilitas dan kekuatan ekstra. keran Yang paling awal
*apakah dibangun dari kayu, tetapi besi cor dan baja mengambil alih
dengan datangnya Revolusi industri [itu].
Karena
banyak orang berabad-abad, [kuasa/ tenaga] *apakah disediakan oleh
penggunaan phisik manusia [laki-laki] atau binatang, walaupun menaikkan
di (dalam) watermills dan kincir angin bisa dikemudikan oleh kekuatan
alam yang dimanfaatkan [itu]. Dulu ‘ mekanis’ [kuasa/ tenaga] *apakah
disajikan oleh mesin uap, uap air keran yang paling awal yang sedang
memperkenalkan di abad 19th atau yang 18th, dengan banyak orang yang
sisa[nya] menggunakan baik ke dalam almarhum abad 20. Keran modern
[yang] pada umumnya menggunakan mesin pembakaran bag. dalam atau motor
elektrik dan sistem hidrolik untuk menyediakan suatu kemampuan
pengangkatan jauh lebih besar dibanding *apakah sebelumnya mungkin,
walaupun keran manual masih dimanfaatkan [di mana/jika] ketetapan
[kuasa/ tenaga] akan bersifat tidak ekonomi.
Keran
ada di (dalam) suatu variasi format mahabesar– masing-masing yang
dikhususkan ke suatu penggunaan spesifik. Ukuran terbentang dari layar
topang keran yang paling kecil, menggunakan di dalam tempat kerja,
kepada keran menara yang paling tinggi, menggunakan untuk membangun
bangunan tinggi, dan keran apung yang paling besar, dulu membangun
minyak memasang dan menyelamatkan kapal melorot.
Sejarah keran
Yunani Masa lampau Keran
Greco-Roman Trispastos (” Three-Pulley-Crane”), keran yang paling sederhana mengetik ( 150 kg [mengisi/memuat])
Greco-Roman
Pentaspastos (” Five-Pulley-Crane”), suatu varian ukuran menengah ( ca.
450 kg load)The keran untuk pengangkatan muatan berat *apakah ditemukan
oleh Yang masa lampau Greeks di (dalam) almarhum 6th abad BC.[1]
[record/ catatan] Yang arkeologis tidak menunjukkan bahwa kemudiannya
dibanding C.515 BC serpihan membedakan untuk kedua-duanya yang
mengangkat tang/penjepit dan lewis belenggu mulai untuk nampak pada
[atas] blok batu Yunani Kuil. Karena lubang ini menunjuk di penggunaan
suatu pengangkatan alat, dan [karena;sejak] mereka (diharapkan) untuk
ditemukan yang manapun di atas pusat gravitasi [menyangkut] blok, atau
berdua-dua sama jauh dari suatu titik (di) atas pusat gravitasi, mereka
*apakah dihormati oleh ahli arkeologi [sebagai/ketika] hal positif
bukti memerlukan untuk keberadaan [menyangkut] crane.[1]
Pengenalan
tentang mesin derek dan kerekan menaikkan segera mendorong kearah suatu
penggantian lereng [yang] tersebar luas [sebagai/ketika] [alat/ makna]
gerak vertikal yang utama. Karena yang berikutnya dua ratus tahun,
Yunani Lokasi bangunan menyaksikan suatu tetesan tajam/jelas di (dalam)
anak timbangan menangani, [seperti;sebagai;ketika] teknik pengangkatan
yang baru buat penggunaan beberapa batu lebih kecil yang lebih [yang]
praktis dibanding lebih sedikit yang lebih besar. Berlawanan dengan
periode yang kuno dengan kecenderungan nya ke
ukuran blok senantiasa meningkan, Yunani Kuil [menyangkut] [umur/zaman]
yang klasik seperti Parthenon [yang] tanpa alternatip menonjolkan blok
batu menimbang kurang dari 15-20 ton. Juga, praktek erecting kolom
monolitis besar *apakah pada kenyataannya dikalahkan berpihak pada
penggunaan beberapa kolom drums.[2]
Walaupun
keadaan [yang] yang tepat [menyangkut] pergeseran dari lereng kepada
teknologi keran tinggal belum jelas, [itu] telah berargumentasi bahwa
sosial yang mudah menguap dan kondisi-kondisi Yunani [yang] politis
jadilah lebih pantas kepada ketenaga-kerjaan [dari;ttg] kecil, regu
konstruksi profesional dibanding badan buruh tak ahli besar, membuat
keran yang lebih lebih baik kepada Yunani polis dibanding yang lereng
[yang] semakin padat karya tadinya norma di (dalam) masyarakat Mesir
[yang] yang otokratis atau Assyria.[2]
bukti
[yang] berkaitan kesusasteraan tegas Yang pertama untuk keberadaan
[menyangkut] sistem kerekan campuran nampak di (dalam) Mekanik
Permasalahan ( Mech. 18, 853a32-853b13) Aristotle yang dihubungkan
dengan ( 384-322 BC), tetapi barangkali menyusun pada suatu
tanggal/date [yang] sedikit kemudiannya. Di sekitar waktu yang sama,
ukuran blok pada Yunani Kuil mulai untuk [tanding/ temu] pendahulu
[yang] kuno mereka lagi, menunjukkan bahwa kerekan campuran [yang]
semakin canggih harus telah menemukan [jalan/cara] nya ke konstruksi
Yunani Lokasi nya [oleh/dengan] then.[3]
Masa lampau keran Roma
Rekonstruksi suatu 10.4m yang tinggi Roma Polyspastos pada Bonn, Negara Jerman ( I)
Rekonstruksi
suatu 10.4m yang tinggi Roma Polyspastos pada Bonn, Negara Jerman (
II)THE masa jaya keran di (dalam) zaman lampau tergolong Kerajaan
Romawi, kapan aktivitas konstruksi membumbung tinggi dan bangunan
mencapai dimensi mahabesar. Orang-Orang Roma mengadopsi Yunani Keran
dan mengembang;kan ia/nya lebih lanjut. Kita *apakah sumur secara
relatif diberitahukan sekitar terima kasih teknik pengangkatan mereka
ke rekening/tg-jawab [yang] agak panjang oleh insinyur Vitruvius (
Tidak Architectura 10.2, 1-10) dan Burung bangau Alexandria ( Mechanica
3.2-5). Ada juga dua relief;pembebasan [yang] yang menyelamatkan nyawa
[dari;ttg] treadwheel keran Roma [yang] menawarkan bukti bergambar,
dengan Haterii batu nisan dari almarhum abad pertama IKLAN yang sedang
terutama sekali terperinci.
Yang
paling sederhana keran Roma, Trispastos, terdiri dari suatu single-beam
layar topang, suatu mesin derek, suatu tali, dan suatu blok [yang]
berisi tiga kerekan. Setelah [dengan] begitu suatu keuntungan mekanik
3:1, [itu] telah dihitung bekerjanya manusia [yang] tunggal itu [adalah] mesin
derek bisa menaikkan 150 kg ( 3 kerekan x 50 kg= 150), mengira bahwa 50
kg menghadirkan usaha yang maksimum suatu orang [laki-laki] dapat
menggunakan (di) atas suatu periode waktu lebih panjang. keran lebih
berat Jenis menonjolkan lima kerekan ( Pentaspastos) atau, dalam hal
yang paling besar, satu set tiga oleh lima kerekan ( Polyspastos) dan
datang dengan dua orang, tiga atau empat tiang kapal, tergantung pada
beban maksimum [itu]. Polyspastos, ketika dikerjakan dengan pedoman
empat manusia [laki-laki] pada kedua sisi [menyangkut] mesin derek,
bisa telah mengangkat 3000 kg ( 3 tali temali x 5 kerekan x 4 manusia
[laki-laki] x 50 kg= 3000 kg). Jika mesin derek *apakah digantikan oleh
suatu treadwheel, beban maksimum genap digandakan ke 6000 kg hanya pada
separuh anak kapal, [karena;sejak] treadwheel menguasai suatu banyak
keuntungan mekanik lebih besar dalam kaitan dengan garis tengah lebih
besar nya. Ini bermaksud/arti bahwa, di (dalam) perbandingan kepada
konstruksi [menyangkut] Piramida Mesir, [di mana/jika] sekitar 50 man
E. Peralatan Pemadat (Compactig Equipment)
Peralatan pemadat terdiri dari :
a) Tandem roller
b) Pendestrian
c) Vibrating compactor
d) Rammer
e) Tamper
f) Type roller
g) Three whell roller
h) Combination roller
i) Macadam roller
j) Sheepoot roller
Dalam
pelaksanaan konstruksi jalan dan landasan terbang atau
konstruksi-konstruksi lain yang memerlukan stabilitas dan kepadatan
tertentu, diperlukan peralatan untuk pemadatan.
Pemadatan
adalah usaha untuk menyusun kembali letak butir tanah sehingga pada
tanah dasar tersebut dicapai letak butir yang rapat.
Berbagai
macam cara pemadatan, namun yang umum dipakai pada proyek konstruksi
jalan, dengan cara penggilasan (roller) dengan peralatan seperti di
atas. Pada pekerjaan peningkatan jalan, tidak semua peralatan pada
suatu pekerjaan harus mempertimbangkan segi efisiennya, ekonomis dan
kemampuan peralatan, serta medan yang dihadapi dan lain-lain.
Pembatasan
penggunaan peralatan tersebut, membawa kita harus memilih peralatan
yang benar-benar dapat menunjang pelaksanaan pekerjaan, sebab kesalahan
dalam menentukan peralatan akan berpengaruh, baik dari segi teknis
maupun dari segi ekonomisnya.
Peralatan-peralatan yang digunakan pada proyek tersebut akan melakukan pemadatan adalah :
a) Tandem Roller
b) Vibrator Compactor
c) Tyre Roller
d) Three Wheel Roller
e) Sheep Foot Roller
Peralatan-peralatan tersebut diangap mampu untuk melaksanakan tugas-tugasnya.
a) Tandem Roller
Penggunaan
dari penggilas ini untuk mendapatkan permukaan yang agak halus,
misalnya penggilas lapisan hotmix. Tandem roller ini memberikan
lintasan yang sama pada masing-masing rodanya, beratnya antara 8-14
ton. Penambahan berat yang diakibatkan oleh pengisian zat cair
(ballasting), berkisar antara 25-60% dari pada berat penggilas. Untuk
mendapatkan penambahan kepadatan pada pekerjaan penggilas biasanya
digunakan three axle tandem roller pada penggilasan batu-batuan yang
keras dan tajam, sebaiknya jangan dilakukan, sebab akan merusak roda
penggilasnya.
b) Vibrator Roller/Penggilas dengan getaran
Peralatan ini digunakan untuk :
- Pemadatan tanah timbunan pada pembentukan badan jalan.
- Pemadatan hamparan aggregate A dan aggregate B
Vibrator
Roller adalah tandem roller yang mempunyai efisiensi pemadatan yang
sangat baik, dan memungkinkan untuk digunakan secara luas dalam setiap
jenis pemadatan, karena membawa aspek dayadinamis terhadap tanah
sehingga butir-butir tanah cenderung mengisi bagian-bagian yang kosong
yang terdapat di antara butir-butirnya, sehingga tanah menjadi padat.
Tiga
factor yang diperlukan dalam proses pemadatan dengan menggunakan
vibrator roller yakni : frekuensi, getaran, amplitudo getaran dan gaya
sentrifungal.
Vibrator Compactor adalah gabunagn ketiga prinsip sekaligus yakni : Rolling, tampin dan vibration.
c) Tyre Roller/Pneomatik Roller atau penggilas roda ban
Alat
ini biasanya digunakan pada pemadatan kedua setelah tandem roller/three
wheel roller, dimana dalam pelaksanaannya roda karet selalu
basah/selalu dibasahi denga air.
Jenis
peralatan ini ada yang bermesin sendiri dan ada yang ditarik-tarik,
roda penggilas jenis ini mempunyai susunan roda muka dan belakang
selang-seling, bagian yang tidak tergilas oleh roda belakang dan pada
akhirnya nanti akan tergilas pada roda berikutnya. Roda-roda ini
menghasilkan apa yang dinamakan heading action (tekanan) terhadap tanah
sehingga membantu konsolidasi tanah. Peralatan ini baik sekali
digunakan pada pekerjaan penggilasan bahan granular, dan penggilasan
antara. Seperti pada pekerjaan peningkatan jalan. Peralatn tersebut
digunakan untuk penggilasan tanah timbunan pada badan jalan digunakan
untuk :
- Penggilasan tanah timbunan pada badan jalan
- Penggilasan Hot Mix pada pekerjaan ATB
- Penggilasan Hot Mix pada pekerjaan HRS
Pada lapisan yang berbatu dan tajam akan mempercepat kerusakan pada roda-rodanya.
d) Three Wheel Roller
Three
wheel Roller atau disebut juga Macadam Roller, sering digunakan untuk
pemadatan yang berbutir kasar dan untuk menambah bobotnya, maka roda
silinder yang kosong diisi dengan zat cair (minyak, air) atau
kadang-kadang diisi dengan pasir sehingga bobotnya dapat meningkat
antara 15-35% dari berat penggilas antara 6-12 ton.
e) Sheep Foot Roller (penggilas kaki kambing)
Untuk
daerah yang badan jalannya menggunakan tanah timbunan sebaiknya alat
ini dipergunakan terlebih dahulu baru peralatan pemadatan yang
menggunakan three wheel roller.
Sheep
Foot Roller ini akan membuat timbunan tanah badan jalan lebih padat
dalam pengkerasannya dan alat itu sendiri tidak akan terbenam dan
tergelincir oleh karena kelembekan tanah sebab rodanya sendiri
mempunyai kuku kambing.
F. Alat Pemproses Material
Peralatan produksi terdiri dari beberapa jenis yaitu :
a) Stone Cruishing Plant (Mesin Pemecah Batu)
Peralatan
pemecah batu pada proyek ini digunakan sebanyak dua unit, yang
masing-masing mempunyai kapasitas 60 ton/hr dan 30 ton/hr, peralatan
ini dipergunakan untuk memproduksi agregat kasar > 4,75 mm dan
agregat halus < 4,75 mm.
Perlengkapan-perlengkapan dari unit pemecah batu terdiri dari :
- Crusher/Pemecah Batu.
- Sceen/ayakan
- Feeder/Pengisi
- Conveyor/Ban Penghantar
- Washing Equipment/Perlengkapan Pencuci dan lain-lain.
Untuk
mendapatkan batu-batu pecah dengan ukuran yang dikehendaki, maka
bagian-bagian unit pemecah ini harus disetel dan ditambah dengan
perlengkapan lain seperti : Primary, Secondary dan Tertiary Crusher dan
sebagainya.
Peralatan pemecah batu, bila ditinjau dari alat pemecahannya ada beberapa jenis seperti :
- Jaw Crusher
- Impact Crusher
- Gyratory Crusher
- Roll Crusher
- Cone Crusher dan sebagainya.
Untuk
mendapatkan butiran yang disebut aggregate diperlukan pemecahan lebih
lanjut, sehingga didapat gradasi yang minimal, maka digunakan crushing
plant yakni yang meyerupai sebuah pabrik.
Tahap-tahap pemecahan dari jenis crusher yang digunakan antara lain adalah:
Pemecahan tahap pertama oleh jenis Primary Crusher diperlukan :
- Jaw Crusher (pemecah type rahang)
- Giratory Crusher (pemecah giratori)
- Impact Crusher (pemecah type pukulan)
Pemecah tahap kedua oleh jenis Secondary Crusher dipergunakan :
- Cone Crusher (pemecah type konus)
- Roll Crusher (pemecah type silinder)
- Hammer mill (pemecah type pukulan)
Pemecah selanjutnya bila diperlukan, oleh Tertiary Crusher dipergunakan :
- Roll Crusher (pemecah type silinder)
- Rod Mill (pemecah type batang)
- Ball Mill (pemecah type bola)
Kombinasi-kombinasi
tersebut dapat saja diubah-ubah berdasarkan pengalaman dan percobaan
pabrik, namun yang paling banyak digunakan untuk Primary Crusher adalah
Jaw Crusher.
Keuntungan-keuntungan dari Jaw Crusher adalah :
- Sederhana dalam konstruksi.
- Memerlukan tenaga yang relative kecil.
Ukuran dari Crusher ditentukan oleh lubang Jaw bagian atas dan lebar Jawnya sendiri diukur dengan inchi.
Corong
atau Lubang bagian bawah yang disebut Discharge Opening di mana
batu-batu pecah keluar, lebarnya dapat disetel, dimana lebar corong
pada waktu dibuka minimal merupakan ukuran batu maksimal yang akan di
produksi.
Penyetelan
lubang Jaw bagian bawah/lebarnya dinamakan Jaw setting dan ini
dilakukan dengan mengeraskan atau mengendorkan baut penyetel.
Sedangkan
ukuran batu yang dapat dipecahkan, tanpa batu tersebut keluar
terpental, dan kerasnya batu juga mempengaruhi pula tehadap ukuran batu
yang dapat dipecah.
Impact Crusher
Pemecah
batu dilakukan adanya flail yang berputar dan memukul dengan cara
impact batu yang dimasukan melalui hopper chute, yang ujung flail dari
baja sangat keras dan berkualitas tinggi.
Keuntungan jenis ini adalah :
- Bagian-bagian flail (rotor) dan breaker plate lekas aus.
- Mudah timbul kemacetan bila batu yang dipecah terlalu keras.
Jenis crusher lain yang banyak dipakai sebagai primer dan sekunder adalah Gyratory Crusher.
Gyratory atau goyamgan adalah merupakan gerakan daripada jenis pemecah batu didalam bekerja memecahkan batu-batu.
Keuntungan jenis pemecah batu ini adalah :
- Produksinya lebih nesar.
- Hasil pemecahan akan lebih baik dan uniform/seragam.
Sedangkan kerugiannya adalah :
- Memerlukan tenaga yang lebih besar
- Lebih mahal dari jenis Jaw
- Perlu tempat kearah vetikal yang lebih tinggi untuk pemasangannya
- Tidak sesuai untuk dipakai memecahkan batuan yang lembab
Roll Crusher
Roll
Crusher atau pemecah batu jenis roll, memecah batu dengan menjepitnya
diantara satu, dua roll atau lebih dimana roll-roll akan berputar
berlawanan dengan adanya berat sendiri dan gusuran dari batu, maka batu
akan pecah.
Adapun
permukaan dari Roll/Silinder bermacam-macam ada yang rata,
bergelombang, beralur dengan bermacam-macam, gigi-gigi dan sebagainya,
sesuai dengan jenis batu dan hasil pemecahan yang diharapkan.
Roll
Crusher ini dipergunakan sebagai peralatan untuk pemecah terakhir. Roll
Crusher ini adalah paling tepat dipergunakan untuk secondary crusher
deikarenakan adanya bebrapa keuntungan antara lain :
- Ekonomis dan tidak memerlukan tempat yang besar
- Gradasi hasil pemecahan baik dan tidak pipih dan dengan syarat batu yang dipecah harus dibatasi ukurannya.
Adapun
peralatan yang dipakai untuk memperoleh hasil yang memenuhi syarat baik
gradasi dan jumlah produksi yang maksimum, maka perlu diperhatikan pula
alat-alat perlengkapannya, berupa : pengisi, ayakan ban penghantar,
pencuci dan beberapa penrlengkapan lainnya.
Alat-alat perlengkapan ini hrus diatur, disetel dan dipilih yang benar-benar sesuai.
b) Asphalt Mixing Plant / Pencampur Aspal
pada umumnya Asphalt Mixing Plant dapat dibedakan menjadi dua jenis yaitu :
- Jenis batch
- Jenis continous
Di
samping itu dapat pula dilakukan pencampuran aspal dengan tangan atau
peralatan greder tetapi hasil cempurannya berupa beton aspal tidak
berkualitas tinggi.
Bagian-bagian laindari pabrik pencampuran aspal adalah :
- Dryer, alat untuk mongering dan memanasi bahan-bahan batu
- mixer, tempat pengadukan sejumlah aspal dan batuan sesuai dengan ketentuan laboratorium
- Aphalt
heater dan storage tank yaitu tempat penuangan aspal dan alat
pemanasnya, guna memanaskan aspal sesuai dengan temperature yang telah
ditentukan.
- Generator
plant, yaitu tenaga pembangkit arus listrik untuk penggerakan
perlengkapan asphalt mixing plant. Loader atau clamshell sebagai
peralatan untuk mengisi batuan ke dalam cold bin.
Adapun urutan proses pencampuran adalah sebagai berikut :
- Penyediaan batuan pada cold bin dengan loader dan sebagainya
- pengeringan dan pemanasan batuan pada driyer dengan temperature yang ditentukan (1800-2500 c) dan memisah-memisahkannya melalui ayakan.
- mengalirkan aspal yang telah dipanasi tersebut pada aspal heater
- Dengan ukuran berat (%) yang ditentukan, baik batuan aspal dicampur
- Bahan-bahan dicampur dengan sempurna pada alat-alat pencampur
- setelah dicampur, bahan-bahan tersebut dituang diatas dump truk siap untuk dibawa ketempat dimana pekerjaan dilakukan
Ukuran-ukuran
dan macam-macam dari aspal mixing plant berbeda-beda sesuai kebutuhan
dan pabrik pemuat, antara lain 3 ton, 6 ton,12 ton, 25 ton, 30 ton, 50
ton dan 100 ton per jam. Ada yang mobilir, semi satsioner dan
stasioner. Cold bin yang terdiri dari bebrapa buah corong merupakan
tempat untuk menimbun batu-batuan yang berbeda-beda ukurannya. Selain
itu cold bin harus dapat mendistribusikan bahan-bahan untuk dibawa ke
dryer.
Dryer
itu sendiri merupakan tabung berputar yang dipanasi dengan tupan
burner/pemanas agar pengaliran batuan-batuan dapat berjalan lancer,
maka dibuat miring dengan sudut tertentu. Jadi pada dryer ini batu
dikeringkan dan dipanaskan. Sebelum dicampur dengan aspal, batuan
disaring melalui ayakan untuk memisahkan ukurannya. Sedangkan
butiran-butiran halus yang diperlukan untuk membuat gradasi campuran
menjadi baik tidak turut tertiup keluar, maka dibuatkan alat yang
disebut dust collector. Batuan halus tesebut dimasukan lagi kedalam
massa batuan dengan screuw conveyor kemudian semua dimasukan kearah
mixer. Adapun aspalnya sendiri dari drum-drum dituangkan pada
tangki-tangki pemanas kemudian dipanaskan dengan suhu yang sesuai
dengan spesifikasi, sebelum dialirkan dengan pompa ke mixer.
Pembersihan/flushing dengan solar pada pipa dan pompa harus dilakukan
setelah selesai pekerjaan agar sisa-sisa aspal yang tertinggal dalam
pompa dan pipa dapat terbuang.
Yang
disebut batech type asphalt mixing plant adalah pabrik pencampur aspal
yang menggunakan alat penimbang untuk (%) berat masing-masing batuan
didalam suatu batch pada setiap kali pengaduan. Batuan-batuan dari hot
elevator pada ayakam untuk memisahkan ukuran kedalam alat penimbang,
kemudian dimasukan ke dalam mixer/pugmill.
Apabila pengadukan telah homogen/merata, maka pintu penuangan dibuka dan bahan campuran aspal tertuang dalam dump truck.
Untuk
memperoleh bahan campuran aspal yang baik, maka pemilihan ayakan sangat
menentuakan disamping itu alat perlengkapan yang lain dan dukungan
laboratorium harus pula diperhatikan. Yang banyak dipakai di Indonesia
adalah jenis bacth type asphalt mixing plant, dan sedangnjenis konus
aspal mixing plant adalah pencampuran aspal yang lain perbedaannya
adalah pada cara pengukuran perbandingan berat batuan aspal, pada jenis
continous ini didasarkan pada pasaran volume, bukan timbangan berat
bahan. Dengan prinsip pengukuran volume batuan yang terus-menerus dari
hot bin ke dalam pogmil dan berdasarkan kecepatan putaran pompa aspal,
sehingga dapat ditentukan persentase aspal yang diperlukan. Apabila
penyetelan rongga gate untuk batuan dan aspal yang diperlukan telah
dilakukan, maka pabrik pencampuran aspal jenis continous dikatakan
berjalan secara otomatis. Sehingga peranan operator tak begitu
menentukan seperti pada jenis batch dan bertindak mengawasi sehingga
kesalahan-kesalahan dapat dikurangi.
c) Concrete Mixer (pencampur beton)
peralatan
ini pada pekerjaan peningkatan jalan juga digunakan untuk keperluan
memproduksi beton untuk pembuatan gorong-gorong. Alat ini prinsipnya
terdiri atas beberapa buah silinder tegak yang dapat berputar terhadap
proros memanjang, atau juga ada yang tilting drum(silinder miring),
proses ini dapat diatur sedemikian rupa sehingga mempermudah pemasukan
dan pengeluaran bahan beton. Dalam silinder tersebut terdapat sebuah
dayung (paddle) yang berfungsi sebagai pengaduk campuran beton, bila
silinder ini yang berfungsi sebagai pengaduk campuran beton, bila
silinder ini berputar sehingga beton menjadi rata dan dapat
menghasilkan beton yang baik.
Pengalaman
pada proyek bahwa peoses pencampuran beton, air diberikan ke dalam
silinder setelah campuran padat (semen, pasir, kerikil) tercampur
sempurna. Volume silinder ditentukan oleh banyaknya silinder tersebut
dan jumlah silinder ini menunjukan kapasitas nominal silinder, yang
terisi oleh bahan campuran diukur dalam campuran culf, kapasitas
nominal ini biasanya 1/3 atau ¼ dari volume silinder, hal ini dapat
dimengerti karena campurannya bahan beton dengan baik memerlukan rumus :
Dimana :
qm = Produksi beton (cuyd/jam)
v = volume silinder (cilf)
k = jumlah standar volume yang diizinkan, bernilai antara 1,10-1,20
c = waktu minimum untuk pengisian dan pengeluaran (meni)
m = waktu campur minimum yang diperlukan (menit)
peralatan-peralatan penunjang dari concrete mixer ini adalah :
- Batcher equipment (peralatan penakar)
Berfungsi
untuk menampung dan mengukur material beton sebelum dituangkan ke dalam
mixer, kapasitas batcher minimum 3 kali kapasitas mixer.
Material
dari batcher yang akan diberikan pada mixer melewati gate yang dapat
diatur secara manual dengan tenaga listrik atau kompresor.
Jenis-jenis batcher :
- Single material batcher
- Multiple atau cumulative batcher
- Concrete Hauling Equipment (peralatan pengangkut beton)
Peralatan
ini digunakan bila kapasitas pekerjaan terlalu besar, kurang produktif
sehingga menghambat pekerjaan peralatan tersebut adalah :
- Hand operated cart (cikar) dengan satu atau dua roda.
- Monorail dump car (gerbong pemuat dengan rel)
- Power buggy (semacam grobak kecil) yang berporos dua dengan 3 sampai 6 buah roda)
- Hoist elevator bucket (bucket yang dilengkapi dengan alat pengangkat)
- Crane handled bucket, bias bergerak vertical dan horizontal
- Consret belt conveyor (ban berjalan)
- Concrete pump truck (truk pengangkut beton)
- Rail road car (lori)
- Kabel-kabel pelengkap hoisting (pengangkat)
- Peralatan pengecor lainnya seperti :
- Bucket untuk pengecoran beton
- Conveyor (ban berjalan)
- Pompa beton (concrete pump equipment)
Kegunaanya adalah menyalurakan bahan cor melalui sebuah saluran yang tertutup ke tempat pengecoran.
Pemompaan ini melalui suatu pipa atau selang dipasang secara kombinasi certikal dan horizontal atau miring.
System
pompa beton ini sangat cocok untuk pembuatan terowongan pengecoran
lantai jembatan dan pada dinding yang memanjang sepanjang dinding
satdion.
d) Crusher
Suatu
kapal pesiar/penghancur adalah suatu mesin merancang untuk mengurangi
object material padat besar ke dalam suatu volume lebih kecil, atau
potongan lebih kecil. Kapal pesiar/penghancur mungkin (adalah)
digunakan untuk mengurangi ukuran, atau ber;ubah format, tentang barang
sisa [yang] sehingga mereka dapat dengan mudah membuang atau mendaur
ulang, atau untuk mengurangi ukuran suatu campuran bahan baku padat (
seperti di batu karang bijih), sedemikian sehingga potongan dari komposisi yang berbeda dapat
dibedakan. Penghancuran adalah proses pemindahan suatu kekuatan yang
diperbesar oleh keuntungan mekanis melalui suatu material dibuat dari
molekul yang mengikat bersama-sama lebih betul-betul, dan membalas
kelainan bentuk lebih [], dibanding mereka yang material yang sedang
dihancurkan. Penghancuran alat [memegang/menjaga] material antar[a] dua
paralel atau tangen permukaan padat, dan [menerapkan/berlaku] kekuatan
cukup untuk membawa permukaan bersama-sama untuk menghasilkan energi
cukup di dalam material yang sedang dihancurkan sedemikian sehingga
molekul nya terpisah dari ( pematahan), atau ber;ubah kelurusan dalam
hubungan dengan ( kelainan bentuk), satu sama lain. kapal
pesiar/penghancur Yang paling awal adalah hand-held batu, [di
mana/jika] berat/beban [menyangkut] batu menyajikan suatu menaikkan
tegangan ke [kuasa/ tenaga] otot, menggunakan melawan terhadap suatu
besi landasan batu. Penggilingan manual dan mortir/lumpang/adukan semen
adalah jenis ini menghancurkan alat.
Uraian
Di
(dalam) industri, suatu kapal pesiar/penghancur secara khas suatu yang
mesin menggunakan suatu permukaan metal untuk pecah;kan atau
memampatkan material. Pekerjaan tambang operasi menggunakan kapal
pesiar/penghancur, biasanya digolongkan oleh derajat tingkat
[bagi/kepada] yang (mana) mereka membagi-bagi bahan dasar,
dengan kapal pesiar/penghancur [yang] sekunder dan utama [yang]
menangani material kasar, dan tersier dan quaternary kapal
pesiar/penghancur yang mengurangi partikel nsur/butir bijih ke gradasi pendenda. [Yang] secara khas, menghancurkan langkah-langkah *apakah diikuti dengan penggilingan
langkah-langkah jika kebutuhan akan material untuk dikurangi lebih
lanjut . Kapal pesiar/penghancur *apakah digunakan untuk mengurangi
partikel nsur/butir ukuran cukup sedemikian sehingga material dapat diproses ke dalam partikel nsur/butir
pendenda di (dalam) suatu gerinda/tukang asah. Suatu sirkit khas pada
suatu tambang/ranjau/aku mungkin terdiri dari suatu kapal
pesiar/penghancur yang diikuti oleh suatu penggilingan KELONGGARAN yang
diikuti oleh suatu penggilingan peluru/bola. Di (dalam) konteks ini,
penggilingan peluru/bola dan penggilingan KELONGGARAN *apakah
dipertimbangkan gerinda/tukang asah dibanding/bukannya kapal
pesiar/penghancur.
Jenis Crusher
Dengan compaction metoda
Jaw Crusher
Jaw Crusher terdiri dari satu set vertikal jaws, satu rahang yang sedang ditetapkan;perbaiki dan lain yang
sedang dimundurkan dan maju sehubungan dengan ia/nya oleh suatu
bubungan atau pitman mekanisme. Jaws adalah lebih jauh terpisah ada di
puncak dibanding pada dasar/nya, membentuk suatu parasut diruncingkan
sedemikian sehingga material dihancurkan semakin lebih kecil dan lebih
kecil seperti [itu] bepergian mengarah ke bawah sampai adalah cukup
kecil untuk lepas dari dasar membuka. Bergeraknya rahang dapat [yang]
sungguh kecil, karena penghancuran [yang] lengkap tidaklah*janganlah
dilakukan di (dalam) orang pukulan.
Kelesuan
memerlukan untuk menghancurkan material disajikan oleh suatu roda
terbang dihargai yang pindah;gerakkan suatu batang yang menciptakan
orang yang aneh kelakuannya mengisyaratkan yang menyebabkan penutupan
[menyangkut] gap [itu].
Tunggal
Dan menggandakan kapal pesiar/penghancur rahang kotak/pelat *apakah
dibangun plat dibuat kuat membingkai dengan penguatan tulang rusuk
dalam keseluruhannya. kapal pesiar/penghancur Komponen [menjadi/dari]
disain kekuatan tinggi untuk menerima daya kuda tinggi
[menggambar/menarik]. Baja manggan digunakan untuk kedua-duanya
menetapkan;perbaiki dan wajah rahang dapat dipindahkan. Roda terbang
berat/lebat mengijinkan menghancurkan puncak pada [atas] material tabah
Gyratory kapal pesiar/penghancur
Gyratory
Crusher adalah serupa di (dalam) konsep dasar [bagi/kepada] Gytratory
Crusher, terdiri dari suatu permukaan cekung dan suatu kepala konis;
permukaan kedua-duanya *apakah secara khas dilapisi dengan baja manggan
permukaan. kerucut Yang bagian dalam mempunyai suatu gerak lingkar
sedikit, tetapi tidak berputar; pergerakan dihasilkan oleh orang yang
aneh kelakuannya pengaturan. [Seperti/Ketika] dengan Crusher, material
bepergian [yang] mengarah ke bawah antara kedua permukaan yang sedang
semakin dihancurkan sampai adalah cukup kecil untuk jatuh ke luar
melalui/sampai gap antara kedua permukaan.
Sebagai
suatu contoh, suatu Fuller-Traylor gyratory kapal pesiar/penghancur
menonjolkan throughputs [bagi/kepada] 12,000 TPH dengan kuasa-kuasa
diinstall [bagi/kepada] 1,300 hp ( 970 kW).
Dampak Crusher
Dampak
Kapal pesiar/penghancur melibatkan penggunaan dampak dibanding/bukannya
memaksa untuk menghancurkan material. Material dimasukkan di dalam
suatu sangkar, dengan pembukaan pada [atas] alas/pantat, akhir, atau
sisi [menyangkut] ukuran yang diinginkan untuk mengijinkan material
dilumatkan untuk lepas. Kapal pesiar/penghancur jenis ini pada umumnya menggunakan dengan material tidak abrasive dan lembut seperti batubara, benih, batu gamping, gips atau bijih metalik lembut.
G. Alat Penempatan Akhir Material
Peralatan ini terdiri dari beberapa jenis yaitu :
- Finisher Asphalt Concrete.
- Sprayer Distributor.
a). Finisher Asphalt Concrete.
Peralatan ini digunakan untuk menghampar campuran aspal dan agregat yang sudah dipanaskan (hoymix) pada permukaan jalan.
Pengelaran
dari campuran aspal harus berbentuk ketebalan merata seragam dan
sedemikian rupa sehingga sudah siap untuk dipadatkan dengan mesin gilas
roda besi atau roda ban.
Alat-alat
penyetel harus disetel sedemikian rupa sehingga dapat membentuk lereng
(crown) dan super elevasi yang benar pada permukaan jalan baru.
Peralatan pengelaran asphalt ini terdiri dari dua bagian utama :
- Unit Tractor
- Unit Screed Floating
Unit
tracktor mrupakan penggerak dengan leabang atau ban yang dilengkapi
hopper menampung, feeder distributing euger atau spreading screw, power
plint transmisi dual control dan tempat duduk operator.
Sedang unit screed flowting menjadi satu dengan tractor dan bergerak diatas permukaan campuran aspal yang telah digelar.
Dimana
screed flowting dilengkapi dengan tamper atau penggetar, pengatur
ketebalan, pengatur lerengan pemana screed dan plet screed. Untuk
memperoleh hasil permukaan jalan yang baik, maka operator dari
peralatan ini harus dipilih yang benar-benar berpengalaman, sebab kalau
tidak, akan menghsilkan pekerjaan yang sia-sia.
Perlu
diperhatikan pula segi pemeliharaan dari peralatan ini dikarenakan
peralatan ini banyak bergubungan dengan aspal yang akan mengeras,
setelah beberapa saat maka pembersihan sehabis pekerjaan selesai dan
pelumasan harus dikerjakan dengan cermat dan seteliti mungkin.
b). Sprayer / Asphalt Distributor
Peralatan ini digunakan untuk menyemprotkan aspal agar permukaan jalan seragam dan merata.
Penyemprotan aspal pada umumnya terdiri dari :
- Tangki aspal dengan peralatannya
- Alat pemanas dengan perlengkapannya
- Pompa aspal yang berupa pompa gigi
- Alat penyemprot (dengan penyemprot, alat penyemprot tanagn dan lain-lain).
- Pengatur (petunjuk kecepatan dan arah)
Jenis peralatan yang banyak dipakai adalah :
- Peralatan penyemprot dengan tekanan bervariasi yang berhubungan dengan kecepatan.
- Peralatan penyemprot dengan tekanan tetap tanpa by pass pada waktu penyemprotan.
Dari
kedua jenis diatas, maka jenis kedua yang mempunyai banyak keuntungan,
karena penyemprotan aspal lebih merata, apabilatimbul kebakaran
pengemudi dapat menggantikan pompa aspalnya untuk temperature aspal
tetap.
Sebelum
dipergunakan peralatan harus diperiksa terlebih dahulu semua peralatan
dan bahan yang dipergunakan dengan prosedur yang baik.