Warna dalam desain sangat subjektif. Apa yang membangkitkan satu reaksi
dalam satu orang mungkin menimbulkan reaksi yang sangat berbeda pada
orang lain. Kadang-kadang hal ini disebabkan oleh pilihan pribadi, atau
karena latar belakang budaya. Teori warna adalah suatu ilmu mengenai
warna itu sendiri. Suatu ilmu yang mempelajari bagaimana warna
mempengaruhi orang baik personal, perorangan maupun sebagai kelompok,
dalam membangun karier. Sesuatu yang sederhana seperti mengubah warna
yang tepat atau saturasi warna dapat menimbulkan perasaan yang sama
sekali berbeda. Perbedaan budaya berarti bahwa sesuatu yang bahagia dan
semangat dalam satu negara dapat menekan di negara lain.
Di sini kita
akan membahas makna di balik warna pada beberapa kelompok, dan
memberikan beberapa contoh bagaimana warna-warna ini digunakan (dengan
sedikit analisis untuk masing-masing). Pada posting yang lain, kita
akan berbicara tentang bagaimana rona, kroma, nilai, saturasi, nada,
dan warna tints mempengaruhi cara kita melihat warna.
Warna yang Hangat
Warna yang hangat termasuklah warna merah, oranye, dan kuning, dan variasi dari tiga warna tersebut. Warna ini adalah warna api, daun musim gugur, dan matahari terbenam dan matahari terbit, dan biasanya memberi energi, semangat, dan hawa positif.
Merah
dan kuning keduanya warna primer, dengan oranye jatuh di tengah, yang
berarti semua benar-benar hangat dan tidak diciptakan dengan
menggabungkan warna hangat dengan warna dingin. Gunakan warna hangat
dalam desain Anda untuk mencerminkan gairah, kebahagiaan, antusiasme,
dan energi.
Merah
Merah adalah warna yang sangat panas. Ini berhubungan dengan api, kekerasan, dan peperangan. Ini juga diasosiasikan dengan cinta dan gairah. Dalam sejarah, ini sudah terkait dengan Iblis dan Cupid (malaikat Cinta). Merah dapat benar-benar memiliki efek fisik pada orang-orang, peningkatan tekanan darah dan tingkat respirasi. Ini terbukti juga untuk melambangkan peningkatan metabolisme manusia.
Merah
dapat dikaitkan dengan kemarahan, tetapi juga terkait dengan
kepentingan (seperti karpet merah di acara penghargaan dan peristiwa
selebriti). Merah juga menunjukkan bahaya (lampu traffic, tanda-tanda
merah peringatan, dan sebagian besar label peringatan berwarna merah).
Luar
dunia barat, merah memiliki asosiasi yang berbeda. Sebagai contoh, di
Cina, merah adalah warna kemakmuran dan kebahagiaan. Juga dapat
digunakan untuk menarik keberuntungan. Dalam budaya timur yang lain,
merah dikenakan oleh pengantin wanita pada hari pernikahan mereka. Di
Afrika Selatan, bagaimanapun, merah adalah warna berkabung. Merah juga
berhubungan dengan komunisme. Merah telah menjadi warna yang
berhubungan dengan kesadaran AIDS di Afrika.
Dalam
desain, merah dapat menjadi warna aksen yang kuat. Ini juga dapat
memiliki efek yang sangat besar jika digunakan terlalu banyak dalam
desain, terutama dalam bentuk yang paling murni. Warna ini bagus
digunakan saat kekuasaan atau hasrat menjadi bagian yang ingin
digambarkan dalam desain. Merah dapat sangat serbaguna, walaupun,
dengan versi yang lebih cerah menjadi lebih bersemangat dan dalam
nuansa gelap menjadi lebih kuat dan elegan.
Contoh:
Nuansa gelap merah dalam desain ini memberikan aura kuat dan elegan.
Aksen merah sejati mencolok dengan latar belakang hitam gelap, memberikan arah yang kuat dan perasaan high-end ke situs ini.
Orange
Warna jeruk yang sangat bersemangat dan energik. Dapat dikaitkan dengan bumi atau dengan musim gugur. Karena hubungannya dengan perubahan musim, jeruk dapat mewakili perubahan dan gerakan pada umumnya.
Karena
jeruk dikaitkan dengan buah dengan nama yang sama, dapat dikaitkan
dengan kesehatan dan vitalitas. Dalam desain, oranye memberikan
perhatian tanpa basa-basi sebagai pengganti warna merah. Hal ini sering
dianggap lebih ramah dan mengundang.
Contoh
Kotak oranye yang terang menarik perhatian isinya, bahkan dengan elemen merah cerah lain pada halaman.
Jeruk digunakan di sini dalam inkarnasi paling jelas, untuk mewakili api.
Kuning
Kuning sering dianggap paling terang dan energi warna yang paling hangat. Ini berhubungan dengan kebahagiaan dan sinar matahari. Kuning juga dapat dikaitkan dengan penipuan dan pengecut.
Kuning
juga terkait dengan harapan, seperti dapat dilihat di beberapa negara
ketika pita kuning ditampilkan oleh keluarga yang memiliki orang-orang
terkasih di dalam perang. Kuning juga dikaitkan dengan bahaya, meski
tidak sekuat merah.
Di
beberapa negara, kuning mempunyai konotasi yang sangat berbeda. Di
Mesir, misalnya, kuning adalah untuk berkabung. Di Jepang, hal itu
mewakili keberanian, dan di India itu warna untuk pedagang.
Dalam
desain, berwarna kuning terang dapat meminjamkan rasa kebahagiaan dan
kegembiraan. Kuning lembut biasanya digunakan sebagai warna netral
gender untuk bayi (bukan biru atau merah muda) dan anak-anak. Cahaya
kuning juga memberikan perasaan yang lebih tenang dibandingkan kuning
cerah. Kuning gelap dan kuning emas-warna-warni kadang-kadang dapat
terlihat antik dan dapat digunakan dalam desain di mana rasa keabadian
yang ingin ditonjolkan.
Contoh
Header kuning cerah dan grafis yang digunakan di seluruh situs ini memberikan rasa energi positif.
Cahaya
kuning digunakan hampir sebagai warna netral dalam header di sini, dan
dikombinasikan dengan ilustrasi gambar-tangan memberikan impresison
yang sangat ceria.
Warna yang dingin (sejuk)
Termasuk warna-warna sejuk adalah hijau, biru, dan ungu, sering kali lebih pendiam daripada warna hangat. Mereka adalah warna malam, air, alam, dan biasanya membawa ketenangan dan rileks
Biru
adalah satu-satunya warna primer dalam spektrum yang sejuk, yang
berarti warna lain dibuat dengan menggabungkan biru dengan warna hangat
(kuning hijau dan merah untuk ungu). Hijau mengambil beberapa atribut
kuning, dan ungu mengambil beberapa atribut merah. Gunakan warna-warna
sejuk di desain untuk memberikan perasaan tenang atau profesionalisme.
Hijau
Hijau adalah warna yang sangat membumi. Hal ini dapat menunjukkan awal yang baru dan pertumbuhan. Ini juga menandakan pembaharuan dan kelimpahan. Atau, hijau juga dapat mewakili iri hati atau cemburu, dan kurangnya pengalaman.
Hijau
memiliki banyak unsure menenangkan yang sama dengan atribut biru,
tetapi juga bias menggabungkan beberapa energi kuning. Dalam desain,
hijau dapat memiliki efek menyeimbangkan dan menyelaraskan, dan sangat
stabil. Ini cocok untuk desain yang berkaitan dengan kekayaan,
stabilitas, pembaruan, dan alam. Hijau cerah lebih energik dan
bersemangat, sementara zaitun hijau lebih mewakili alam. Hijau gelap
yang paling stabil dan bisa jadi wakil dari kemakmuran.
Contoh
Hijau yang sangat dimatikan situs ini memberikan hawa underground dan perasaan alami.
Hijau terang header dari situs ini dicampur dengan memberi motif daun yang sangat alami dan bersemangat.
Biru
Biru sering dikaitkan dengan kesedihan dalam bahasa Inggris. Biru juga digunakan secara ekstensif untuk mewakili ketenangan dan tanggung jawab. Cahaya biru yang blues dapat menyegarkan dan ramah. Biru gelap lebih kuat dan dapat diandalkan. Biru juga berhubungan dengan perdamaian, dan mempunyai konotasi spiritual dan agama dalam banyak budaya dan tradisi (misalnya, Perawan Maria adalah umumnya digambarkan memakai jubah biru).
Arti
biru terpengaruh secara luas tergantung pada rona keteduhan yang tepat.
Dalam desain, yang pasti warna biru yang Anda pilih akan memiliki
dampak besar pada bagaimana desain dapat dirasakan dan diresapi. Cahaya
kebiruan sering santai dan menenangkan. Biru terang dapat memberikan
energi dan menyegarkan. Biru gelap sangat baik untuk situs perusahaan
atau desain di mana kekuatan dan kehandalan adalah penting.
Contoh
Biru gelap memberikan rasa ini kehandalan, sedangkan biru lebih cerah dan lebih ringan dari perasaan tenang serius.
Biru
gelap memberikan situs ini perasaan profesional, terutama jika
dikombinasikan dengan latar belakang putih. Tapi akan lebih ringan jika
menambahkan aksen biru sedikit.
Ungu
Ungu sudah lama berhubungan dengan kerajaan. Ini kombinasi merah dan biru, dan mengambil beberapa atribut dari keduanya. Ini juga terkait dengan kreativitas dan imajinasi.Di Thailand, ungu adalah warna berkabung bagi para janda. Ungu gelap secara tradisional dikaitkan dengan kekayaan dan royalti, sementara ringan ungu (seperti lavendar) dianggap lebih romantis.
Desain,
ungu gelap dapat memberikan rasa kekayaan dan kemewahan. Cahaya ungu
yang lebih lembut berhubungan dengan musim semi dan asmara.
Contoh:
Bayangan gelap yang digunakan di sini membangkitkan rasa warisan kerajaan, yang sangat sesuai untuk barang-barang mewah merek Asprey.
Cahaya ungu di sini bekerja dengan baik untuk menyampaikan rasa kreativitas.
Warna Netral
Warna netral sering berfungsi sebagai latar belakang desain. Mereka biasanya dikombinasikan dengan aksen warna cerah. Tetapi mereka juga dapat digunakan di dalam desain mereka sendiri, dan dapat menciptakan layout yang sangat canggih. Makna dan kesan dari warna-warna netral jauh lebih dipengaruhi oleh warna-warna yang mengelilingi mereka daripada yang hangat dan warna-warna sejuk.
Hitam
Hitam adalah yang terkuat dari warna-warna netral. Di sisi positif, itu umumnya terkait dengan kekuatan, keanggunan, dan formalitas. Di sisi negatif, hal itu dapat dikaitkan dengan kejahatan, kematian, dan misteri. Hitam adalah warna berkabung tradisional di banyak negara Barat. Ini juga dikaitkan dengan pemberontakan di beberapa kebudayaan, dan dikaitkan dengan Halloween dan klenik.
Hitam
umumnya digunakan dalam edgier desain, dan juga di desain sangat
elegan. Ini dapat dilakukan secara konservatif atau modern, tradisional
atau konvensional, tergantung pada warna-warna itu yang digabungkan
dengannya. Dalam desain, hitam umumnya digunakan untuk tipografi dan
bagian-bagian fungsional lainnya, karena hal itu netral. Hitam membuat
kita lebih mudah untuk menyampaikan rasa canggih dan misteri dalam
desain.
Contoh
Aksen hitam, bercampur dengan warna terang dan gelap sebagai latar belakang serta cokelat menambahkan kedalaman edgier menjadi desainyang kokoh keseluruhan.
Hitam, bila dicampur dengan biru muda, tampak lebih dingin.
Putih
Putih berada di ujung spektrum dari hitam, tapi seperti hitam, dapat bekerja baik dengan hampir semua warna lain. Putih sering dikaitkan dengan kesucian, kebersihan, dan kebajikan. Di Barat, putih umumnya dikenakan oleh pengantin perempuan pada hari pernikahan mereka. Ini juga berkaitan dengan industri perawatan kesehatan, terutama dengan dokter, perawat dan dokter gigi. Putih dikaitkan dengan kebaikan, dan malaikat sering digambarkan dalam putih.
Di
desain, putih umumnya dianggap netral. Menjadi latar belakang yang
memungkinkan warna lain dalam desain memiliki suara yang lebih besar.
Ini dapat membantu untuk menyampaikan kebersihan dan kesederhanaan,
meskipun, lebih populer di desain minimalis. Putih dalam desain dapat
juga menggambarkan baik musim dingin atau musim panas, tergantung pada
desain lainnya serta motif dan warna yang mengelilingi itu.
Contoh
Putih pada situs Fuelhaus digunakan untuk pemisah kontras terhadap biru.
Latar belakang putih yang sangat populer di situs minimalis, memberikan kontras besar tipografi hitam.
Abu-abu
Abu-abu adalah warna netral, umumnya dianggap pada akhir spektrum warna. Ini kadang-kadang dapat dianggap moody atau menyedihkan. Cahaya abu-abu dapat digunakan sebagai pengganti dalam beberapa desain putih, dan abu-abu gelap dapat digunakan di tempat hitam.
Abu-abu
umumnya konservatif dan formal, tetapi dapat juga menjadi modern.
Kadang-kadang dianggap sebagai warna berkabung. Ini sering digunakan di
perusahaan desain, di mana formalitas dan profesionalisme adalah
kuncinya. Dapat warna yang sangat canggih. Murni abu-abu adalah warna
hitam, meskipun mungkin abu-abu lain biru atau campuran warna cokelat
masuk dalam desain, abu-abu sebagai latar belakang sangat umum, seperti
abu-abu tipografi.
Contoh
Cahaya abu-abu memberikan perasaan pendiam dan tenang untuk desain ini.
Cahaya latar belakang abu-abu di sini menambah perasaan modern yang diciptakan oleh tipografi.
Cokelat
Coklat berhubungan dengan bumi, kayu, dan batu. Ini benar-benar warna alami dan netral yang hangat. Cokelat dapat dikaitkan dengan ketergantungan dan kehandalan, dengan ketabahan, dan juga membumi. Dapat juga dianggap membosankan.
Penerapan
pada desain, cokelat biasanya digunakan sebagai warna latar belakang.
Ini juga terlihat pada tekstur kayu dan kadang-kadang dalam tekstur
batu. Ini membantu membawa perasaan hangat dan beberapa kegunaan lain
pada desain. Kadang-kadang digunakan dalam bentuk paling gelap sebagai
pengganti hitam, baik dalam latar belakang atau tipografi.
Contoh
Warna kelabu-cokelat di sini meminjamkan rasa tanggung jawab dan dapat diandalkan.
Orange-cokelat di sini memberikan perasaan yang sangat bersahaja dan diandalkan.
Beige dan Tan
Beige agak unik dalam spektrum warna, karena mengambil nada dingin atau hangat, tergantung pada warna sekitarnya. Memiliki kehangatan dan kesejukan cokelat putih, dan, seperti cokelat, kadang-kadang dilihat mambawa unsure membosankan. Warna ini begitu konservatif dalam banyak hal, dan biasanya digunakan untuk latar belakang. Ini dapat juga melambangkan kesalehan.
Beige
dalam desain umumnya digunakan di latar belakang, dan umumnya terjadi
dalam latar belakang dengan tekstur kertas. Ini akan mengambil
karakteristik warna di sekitarnya, artinya ia memiliki pengaruh yang
kecil dalam dirinya sendiri dan pada akhirnya memberi kesan pada desain
bila digunakan dengan warna lain.
Contoh
Cahaya Tan sebagai latar belakang di sini membuat rasa muda dan segar karena warna-warna cerah di sekitarnya.
Cahaya Tansebagai latar belakang di sini meminjamkan perasaan yang lebih konservatif dan elegan.
Krim dan Gading
Gading dan krim adalah warna yang canggih, dengan beberapa kehangatan cokelat dan banyak kesejukan putih. Mereka umumnya tenang, dan sering bisa membangkitkan rasa sejarah. Gading adalah warna yang tenang, dengan beberapa kebersihan / kesucian yang berhubungan dengan putih, walaupun sedikit lebih hangat.
Pencurahan
pada desain, gading dapat meminjamkan rasa elegan dan tenang untuk
sebuah situs. Ketika dikombinasikan dengan warna bersahaja seperti
persik atau cokelat, dapat mengambil unsure kualitas yang bersahaja.
Juga dapat digunakan untuk meringankan warna gelap, tanpa kontras
penggunaan putih.
Contoh
Warna gading di latar belakang di sini memiliki kualitas hangat yang panas oleh beberapa warna yang lebih dingin di situs ini.
Warna krim yang kelabu di latar belakang dibuat lebih hangat dipadu warna orange-cokelat.
Sekilas …
Informasi
yang terkandung di sini mungkin tampak agak luar biasa, teori warna
banyak melambangkan tentang perasaan tertentu dan membangkitkan
bayangan dari apa pun. Tapi inilah panduan referensi cepat untuk
kepentingan bersama tentang makna dari warna yang dibahas di atas:
- Red: Passion, Love, Kemarahan
- Oranye: Energi, Kebahagiaan, Vitality
- Kuning: Kebahagiaan, Hope, lebun
- Hijau: New Beginnings, Kelimpahan, Alam
- Biru: Tenang, Responsible, Sadness
- Ungu: Kreativitas, Royalty, Wealth
- Black: Misteri, Elegance, Evil
- Abu-abu: Moody, Konservatif, Formalitas
- Putih: Kesucian, Kebersihan, Virtue
- Brown: Alam, kegunaan, ketergantungan
- Tan atau Beige: konservatif, Kesalehan, Dull
- Cream atau Gading: Tenang, Elegant, Kemurnian